Riset Terbaru Tetap Sebut Asal Usul Covid-19 dari Binatang Liar!

Tapi jangan mudah terprovokasi ya, Kawula Muda! Risetnya belum 100% selesai

Ilustrasi virus corona Covid-19. (FREEPIK)
Tue, 01 Mar 2022

Terdapat beberapa studi yang dilakukan untuk meneliti asal muasal Covid-19. Studi terbaru masih bertahan di argumen bahwa Covid-19 berasal dari hewan, terutama di Pasar Makanan Laut Huanan, Wuhan, China. 

Penelitian yang dimuat di jurnal Zenedo pada 26 Februari 2022 lalu menganalisis pasar yang diduga menjadi pusat virus Covid-19 tersebut. Hasilnya, sampel dari area yang positif Covid-19 rupanya berkaitan dengan penjualan hewan hidup di pasar tersebut. 

Ilustrasi virus corona. (FREEPIK)

Dikutip dari Detik, sebuah studi menunjukan penularan Covid-19 mungkin terjadi pada akhir November atau awal Desember 2019 lalu. Peneliti pun mengklaim bahwa asal muasal virus tersebut kemungkinan besar berasal dari satwa liar. 

"Studi-studi baru membawa bidang penelitian ini ke tingkat yang baru dan merupakan bukti terkuat bahwa pandemi itu berasal dari hewan (atau zoonosis)," kata seorang profesor dan kepala ekologi dan biologi evolusioner di Universitas Arizona, Michael Worobey, yang dikutip dari CNN, Selasa (01/03/2022).  

Ia menjelaskan pola penyebaran virus tersebut berubah sekitar bulan Januari hingga Februari 2020 ketika semakin menular ke komunitas lokal. 

Michael turut menegaskan bahwa penularan Covid-19 tersebut berasal dari Pasar Huanan. Pasalnya, banyak orang yang bekerja maupun mengunjungi pasar tersebut tertular Covid-19. 

“Selain itu, dari kasus-kasus yang secara epidemiologis terkait dengan pasar, sebagian besar secara khusus terkait dengan bagian barat pasar Huanan, tempat sebagian besar vendor mamalia hidup berada," tulis peneliti.

Adapun telah dilakukan pengujian permukaan pasar untuk menganalisis genetik virus. Hasilnya, ditemukan berbagai hewan baik yang akan dijual maupun dipelihara telah terpapar virus Covid-19. 

Sementara itu, peneliti Covid-19 berasal dari dua garis keturunan virus utama. Kemudian, dua virus tersebut berkembang hingga mampu menginfeksi manusia. 

Berita Lainnya