Sandiaga Uno Ungkap Alasan Konser Coldplay Hanya Sehari di Indonesia

Ohhh jadi gitu...

Apa riders Coldplay? (WIKIMEDIACOMMONS)
Wed, 02 Aug 2023


Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) membuka suaranya mengenai alasan konser Coldplay hanya digelar sehari di Indonesia.

Menurut keterangan Sandiaga Uno, hal tersebut dikarenakan masalah di perizinan, termasuk biaya, Kawula Muda.

"Karena tadi teman-teman ada yang nyeletuk Coldplay salah satu pertimbangan, kenapa Coldplay hanya memilih satu hari di sini dan lebih dari satu hari di negara lain itu karena faktor salah satunya adalah perizinan, baik dari kemudahan perizinan, waktu perizinan, dan juga biaya perizinan tersebut,” ungkap Sandiaga Uno Kompleks saat ditemui wartawan di Istana Merdeka, dikutip dari Detik, Selasa (01/08/2023).

Perizinan konser internasional di Indonesia yang bisa dikatakan cukup rumit ini jadi landasan rapat yang diselenggarakan oleh pihaknya terkait dengan perizinan penyelenggaraan kegiatan olahraga maupun ekonomi kreatif dan seni budaya.

Sandiaga Uno ingin harpitnas jadi hari libur demi industri perhotelan (DAILYASIA)

Bersama dengan Kementerian Olahraga (Kemenpora), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) hingga Polri, Sandiaga Uno membabas tentang regulasi sistem perizinan ajang olahraga dan seni menjadi satu pintu.

“Tadi kami membahas ada dua rapat internal berkaitan yang sudah banyak ditanyakan oleh rekan-rekan media dan juga sudah ditanyakan oleh para pelaku event, baik event olahraga maupun event ekonomi kreatif seni budaya," terang Sandiaga Uno.

Nantinya, sistem perizinan yang baru ini bisa dipantau secara online. Melansir Tempo, menurut Menpora Dito Ariotedjo, sistem ini akan membantu para penyelenggara dalam proses mengurus perizinan serta memangkas waktu dan meningkatkan transparansi akuntabilitas.

Ia juga berharap sistem ini bisa membantu mendorong ranah industri seni dan olahraga ke skala yang lebih luas.

"Jadi semoga ini suatu terobosan yang nantinya bisa mendorong ekonomi muda, karena kita tahu yang namanya olahraga dan seni itu mayoritas diisi oleh anak-anak muda dan juga pelaku kreatif yang rentang usianya sangat muda dan produktif," ungkap Dito.

Sistem perizinan terbaru ini akan mulai diuji coba pada bulan September mendatang.

“Dan rapat tadi diputuskan untuk di uji cobakan di bulan September secara pilot project digitalisasi dari perizinan penyelenggaraan event, kita harapkan ini bisa kita evaluasi per periodik untuk memudahkan perizinan,” jelas Sandiaga Uno.

Tiket konser Coldplay Music of the Spheres World Tour di Singapura selama 6 hari telah habis terjual (AVUI)

Hal ini menjadi jawaban atas kekecewaan beberapa penggemar di Indonesia yang tidak kebagian tiket konser Coldplay "Music of the Spheres" Jakarta 15 November 2023 mendatang. 

Bahkan, tak jarang juga penggemar Coldplay Indonesia yang meraih kocek lebih untuk terbang ke Singapura di mana Coldplay akan menggelar konser selama enam hari. Yaitu pada tanggal 23, 24, 26, 27, 30 dan 31 Januari 2024.

Berita Lainnya