Sekda DKI Jakarta Imbau Warga Jalan Kaki untuk Bantu Kurangi Polusi

Apakah hal ini akan berpengaruh Kawula Muda ?

Polusi Udara Kota Jakarta (INSTAGRAM/pakindro)
Thu, 07 Sep 2023


Joko Agus Setyono selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta mengimbau warga Jakarta agar gemar berjalan kaki.

Hal ini disarankan oleh Agus sebagai upaya untuk menekan polusi udara yang sedang buruk di DKI Jakarta. 

"Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta gemar berjalan kaki," demikian bunyi instruksi Sekda DKI Jakarta melansir CNNIndonesia, Kamis (07/09/2023). 

Polusi Udara Jakarta (INSTAGRAM/pakindro)

Hal ini tertuang dalam Instruksi Sekda DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2023 tentang Upaya Percepatan Penurunan Tingkat Pencemaran Udara yang diteken sejak 4 September 2023 lalu.

Tidak hanya itu, Joko Agus Setyono juga meminta seluruh wali kota hingga lurah di seluruh DKI Jakarta melakukan menerapkan gaya hidup jalan kaki agar membantu percepatan penurunan tingkat pencemaran udara yang semakin parah terutama di wilayah Ibu Kota.

Selain berjalan kaki, masyarakat juga diminta untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan menggantinya dengan transportasi publik, menghemat energi, melakukan uji emisi kendaraan sampai menggunakan bahan bakar ramah lingkungan. 

Warga juga diminta untuk kembali menggunakan masker dan mengurangi kegiatan di luar ruangan demi menjaga kesehatan.

"Melindungi diri dari paparan polutan dengan menggunakan masker dan mengurangi aktivitas di luar ruangan," ungkap Joko.

Diketahui, polusi disebutkan sebagai penyebab kematian dini tertinggi di dunia, polusi udara juga bisa pangkas umur dan harapan hidup hingga 5,5 tahun, Kawula Muda.

Bahkan, menurut laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beberapa waktu lalu, pasien ISPA meningkat 200.000 per bulan akibat polusi udara.

"Hasil data pemantauan yang dilakukan dalam enam bulan terakhir menunjukkan, terjadi peningkatan kasus ISPA yang dilaporkan di Puskesmas maupun di rumah sakit Jabodetabek. Di mana, untuk wilayah DKI Jakarta mencapai 100 ribu kasus/bulan," ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, melansir Republika.

Dengan olahraga jalan kaki, selain diklaim bisa membantu mengurangi polusi udara, dapat membuat tubuh lebih sehat juga nih, Kawula Muda.

Berita Lainnya