Serba-serbi Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Tiang Patah hingga Tali Pengait Bendera Putus!

Kawula Muda, di sejumlah wilayah upacara HUT kemerdekaan RI ke-77 diwarnai sejumlah insiden.

Ilustrasi upacara bendera (UNSPLASH/Mufid Majnun)
Thu, 18 Aug 2022


Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 pada 17 Agustus 2022, telah sukses dilaksanakan di sejumlah wilayah di Indonesia, tak terkecuali di Istana Negara.

Upacara pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih memang menjadi salah satu momen penting yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Namun, tidak semua upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 bisa berlangsung lancar. Di sejumlah tempat, upacara diwarnai sejumlah insiden yang mengejutkan.

Berikut adalah serba serbi upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dari berbagai wilayah di Indonesia.

Tiang bendera patah

Di wilayah kecamatan Larangan, Tangerang, upacara penurunan bendera Merah Putih pada Rabu (17/08/2022) terpaksa dibatalkan. Keputusan tersebut dibuat karena tiang bendera patah dan lapangan upacara tergenang air.

“Di Kecamatan Larangan terpaksa batal melangsungkan upacara karena lapangan Stadion Larangan Indah yang kembali tergenang air cukup tinggi, karea hujan deras kembali melanda wilayahnya. Serta patahnya tiang bendera sehingga kondisi tidak memungkinkan,” kata Camat Larangan Kota Tangerang Gunawan, seperti yang dikutip dari Antara.

Tali pengait bendera putus

Di Solo, Jawa Tengah, upacara hari Kemerdekaan RI diwarnai insiden putusnya tali pengait bendera saat prosesi pengibaran Bendera Merah Putih berlangsung. Dalam upacara yang berlangsung di Lapangan Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, tersebut tali pengait Bendera Merah Putih putus tepat saat pasukan pengibar bendera membentangkan bendera, dan bersiap menaikkan bendera.

Walaupun tidak dapat berkibar, bendera merah putih tetap dibentangkan sebagai penghormatan oleh petugas Paskibra.

Aksi heroik petani panjat tiang

Sementara di Karawang, Jawa Barat, seorang petani mendapatkan apresiasi setelah videonya yang nekat menaiki tiang bendera untuk memperbaiki tambang bendera yang tersangkut, viral di media sosial.

Petani yang diketahui bernama Saepullah itu nekat menaiki tiang bendera saat upacara berlangsung untuk memperbaiki tali tambang yang tersangkut.

Berita Lainnya