Siap-siap, Elon Musk Ajak Kawula Muda ke Mars

ikut dong!

Elon Musk, CEO Tesla (WIKIPEDIA)
Mon, 23 May 2022

Pergi ke Mars sudah bukan bualan semata, nih. Karena Elon Musk mengajak masyarakat Indonesia untuk pindah dari Bumi ke Mars saat bertemu dengan Presiden Jokowi (15/5/2022).

Menurut Elon, jumlah penduduk Indonesia yang besar sangat diperlukan di Mars dan masa depan. CEO Tesla sekaligus founder Space Exploration Technologies Corp ini menjawab serangkaian pertanyaan saat bertemu dengan Presiden Jokowi di markas SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat. 

Tentunya ajakan ini bukanlah sebuah paksaan, siapa pun yang bersedia untuk melakukan misi ke luar angkasa harus berdasar kesukarelaan. Elon mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang. Apalagi dengan populasi yang besar dan terus bertambah.

Presiden Jokowi bertemu dengan Elon Musk di markas SpaceX, Amerika Serikat (YOUTUBE.COM/sekretariat presiden)


Elon Musk mempunyai ambisi untuk membuat sebuah peradaban di Mars dengan membawa satu juta orang dari Bumi. Ia sudah merencanakan untuk membangun Mars sebagai tempat tinggal dan berbagai kemajuan teknologi lainnya.

Planet Mars juga diyakini bisa dijadikan tempat tinggal ketika Bumi sudah tidak mampu lagi menampung banyaknya populasi manusia. Sampai saat ini sudah ada beberapa pesawat luar angkasa tanpa awak yang berhasil mendarat di Mars.

Walaupun para ahli masih menyebutkan terlalu dini untuk melakukan perjalanan luar angkasa karena banyaknya pertanyaan yang belum terjawab, nih. Bahkan Elon Musk sendiri mengakui kalau rencananya memiliki risiko yang tinggi.

Butuh waktu sekitar 6-9 bulan perjalanan dari Bumi ke Mars karena jarak yang terlalu jauh untuk perjalanan luar angkasa. Belum lagi adanya risiko terpapar suar matahari atau mati sebelum tiba di tujuan. 

Masalah selanjutnya ada di persediaan makanan, air, serta oksigen untuk bertahan hidup. Profesor dari University of Michigan, Nilton Renno juga mengatakan permukaan Mars akan gelap seperti tengah malam selama dua bulan ini akibat badai debu. 

Nah, gimana Kawula Muda? Apa lo tertarik jadi salah satu penduduk Mars?

Berita Lainnya