Sidang Isbat 1 Syawal 1442 H Akan Digelar Sore Ini!

Kawula Muda, lo bisa streaming sidang Isbat 1 Syawal 1442 H di kanal Youtube Kemenag atau TVRI.

Kemenag Sumatera Selatan memantau hilal di lantai 7 Gedung Universitas Islam Negeri (KOMPAS.com / AJI YK PUTRA)
Tue, 11 May 2021

Kementerian Agama (Kemenag) gelar Sidang Isbat penentuan 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri 1442 H pada Selasa (11/5) sore, bertepatan dengan hari ke-29 Ramadhan.

Sidang Isbat akan dimulai pada pukul 16.45 WIB dengan diawali pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Sidang Isbat Idul Fitri yang akan dilaksanakan setelah Magrib ini akan dipimpin oleh Menteri Yaqut Cholil Qoumas, dan akan digelar secara virtual demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19.




Rukyatul hilal akan dilaksanakan di 88 titik seluruh Indonesia. Sedangkan di wilayah DKI Jakarta, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kanwil Kementerian Agama DKI lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy’ari Jakarta Barat.

“Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi, hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas,” ucap Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin.

Sebelumnya, Muhammadiyah telah terlebih dahulu menetapkan 1 Syawal 1442 H jatuh pada Kamis (13/5) dengan menggunakan metode hisab (perhitungan) astronomis yaitu melihat hilal atau awal bulan.

“Muhammadiyah berdasarkan pedoman hisab yang dipakai Majelis Tarjih dan Tajdid, telah menetapkan puasa Ramadan berlangsung 30 hari. Sehingga Idul Fitri 1 Syawal jatuh Kamis 13 Mei 2021,” jelas Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta.

Kawula Muda, kalau kalian ingin memantau jalannya Sidang Isbat Idul Fitri, kalian bisa menonton siaran langsungnya di kanal Youtube Kementerian Agama RI atau melalui saluran streaming TVRI di http://tvri.go.id/live.

Berita Lainnya