Solusi MUI: Piala Dunia U-20 Tetap di Indonesia, Israel Tanding di Singapura

Hmm.. menurut lo gimana?

MUI berikan solusi piala dunia U-20 bisa tetap terlaksana di Indonesia, namun Israel di Singapura (PSSI)
Tue, 28 Mar 2023


Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga angkat suara terkait pembatalan Piala Dunia U-20 2023 yang batal digelar di Indonesia. Mereka mengusulkan jika Israel bisa bermain di Singapura.

Dalam ajang pertandingan, Ketua MUI Hubungan Luar Negeri dan Kerja sama Internasional, Sudarnoto sebagai solusi atas polemik pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

"Tetapi Israel jangan main di Indonesia. Di Singapura. Tidak ada persoalan kalau lawannya Israel, ya ke Singapura gitu loh. Itu aman," kata Sudarnoto, melansir laman CNN Indonesia (28/03/2023).

Menurutnya, usulan ini bisa dijalankan agar Indonesia tetap unggul di ranah internasional dan membuahkan solusi tanpa ada perdebatan.

MUI berikan solusi piala dunia U-20 bisa tetap terlaksana di Indonesia, namun Israel di Singapura (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawa)

Sebelumnya, sebanyak 24 negara sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia U-20 2023 termasuk Israel. Negara tersebut adalah salah satu dari lima wakil Eropa yang lolos.

Sayangnya, rencana datangnya timnas Israel merupakan hal yang sangat sensitif menurut MUI.

"(Kehadiran timnas Israel dan rombongan pendukungnya) Ini adalah hal yang sangat sensitif di masyarakat luas khususnya di Indonesia, karena menyangkut dengan penjajahan zionis Israel terhadap bangsa Palestina yang dalam waktu panjang berlangsung hingga hari ini," kata Sudarnoto, mengutip laman Detik.

FIFA pun membatalkan drawing Piala Dunia U-20 di Bali menyusul sikap sejumlah pihak termasuk kepala daerah yang menolak kehadiran Timnas Israel di Indonesia.

Alasan mereka yang menolak ialah, Indonesia tidak seharusnya menerima timnas Israel untuk menegaskan dukungan terhadap Palestina.

Duta besar Palestina di Indonesia sebenarnya tak mempermasalahkan kehadiran timnas Israel. Menurutnya, olahraga tak seharusnya dikaitkan dengan politik.

Apa pendapat lo, Kawula Muda?

Berita Lainnya