9 Ancaman yang Ditakutkan PSSI Akibat Pembatalan Drawing Piala Dunia U-20 2023

Semoga enggak terjadi ya, Kawula Muda :(

FIFA bisa beri sanksi berat kepada Indonesia usai drawing Piala Dunia U-20 2023 dibatalkan (REUTERS)
Mon, 27 Mar 2023


Kawula Muda, pembatalan Drawing Piala Dunia U-20 2023 membuat PSSI tengah mengalkulasi dampak buruk bahkan sanksi yang dapat terjadi terhadap dunia sepak bola Indonesia.

Pasalnya, Drawing Piala Dunia U-20 2023 yang awalnya akan dilaksanakan pada 31 Maret 2023 tersebut harus dibatalkan akibat Gubernur Bali, Wayan Koster menolak kehadiran Tim Nasional Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20 2023.

Ilustrasi Piala Dunia U-20 2023 (FIFA)

Akibat pembatalan tersebut, Indonesia terancam mendapatkan sanksi berat dari FIFA, Kawula Muda.

Melalui laman resmi PSSI yang menuliskan 9 kekhawatiran yang mengancam sepak bola Indonesia jika mendapat sanksi berat dari FIFA.

Adapun, sanksi berat dari FIFA yang dikhawatirkan akan mengancam sepak bola Indonesia adalah: 

1. Indonesia akan dibekukan oleh FIFA

2. Kecaman yang akan didapat Indonesia oleh negara-negara lain karena tidak melaksanakan amanat FIFA

3. Indonesia tidak bisa mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan kalender FIFA 

4. Indonesia tidak akan memiliki kesempatan kembali untuk dipilih FIFA menjadi tuan rumah ajang olahraga

5. Indonesia akan dicoret sebagai kandidat tuan rumah Piala Dunia 2034

6. Federasi olahraga dunia akan mempertimbangkan untuk tidak memilih Indonesia sebagai tuan rumah pesta olahraga termasuk Olimpiade

7. Indonesia akan dikecam karena bertindak diskriminatif mencampuradukkan olahraga dengan politik

8. Pemain, pelatih, wasit, klub dan masyarakat kehilangan mata pencaharian dan 500.000 orang lebih terdampak langsung kalau sepakbola Indonesia terhenti

9. Timnas U16, U19, U20 tidak boleh ikut serta dalam ajang sepakbola internasional jika FIFA membekukan PSSI dan berdampak hilangnya potensi ekonomi hampir triliunan rupiah

Argentina Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Pengganti?

Menyusul pembatalan Drawing Piala Dunia U-20 2023 yang disampaikan oleh PSSI, Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) dilaporkan akan mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. 

Melansir Double Amarilla, media asal Argentina, beberapa saat setelah PSSI mengumumkan batal menggelar Drawing Piala Dunia U-20, Argentina menyampaikan kabar tersebut.

"Beberapa jam ke depan akan menjadi kunci untuk melihat apakah terjadi kesepakatan diplomatik atau memang mulai dipertimbangkan perubahan lokasi penyelenggara," tulis Double Amarilla.

Diketahui, Argentina gagal lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 usai kalah bersaing di babak kualifikasi. Namun, mereka akan dipastikan lolos jika resmi ditunjuk sebagai tuan rumah untuk menggantikan Indonesia.

Hal ini disinyalir merupakan langkah yang diambil oleh Argentina agar bisa ikut berpartisipasi dalam gelaran Piala Dunia U-20 2023.

Berita Lainnya