PSSI Bantah Peru Ditunjuk jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Banyak pro dan kontra setelah Indonesia gagal jadi tuan rumah, nih..

PSSI angkat suara tentang Peru yang akan menggantikan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 (SHUTTERSTOCK)
Tue, 28 Mar 2023


PSSI akhirnya memberikan respon rumor terkait Peru yang disebut bakal menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah pada Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Banyak yang menyebut bahwa Peru siap menjadi negara yang menjadi tuan rumah pada pertandingan terbesar ini. Namun, FIFA belum memberikan pernyataan apapun tentang pergantian tuan rumah Piala Dunia U-20 ini.

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga angkat suara. Katanya, kabar tersebut hanyalah gosip belaka lantaran surat pembatalan masih tunggu.

"Ada-ada saja. Surat resmi pembatalan drawing masih kita tunggu," terangnya, mengutip pada laman Bola, Selasa (28/03/2023).

Kabar ditunjuknya Peru sebagai pengganti tuan rumah Piala Dunia U-20 disampaikan oleh mantan pengurus PSSI, Yesayas Oktavianus di siniar Good Radio Jakarta.

PSSI angkat suara tentang Peru yang akan menggantikan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 (MNC MEDIA)

"Sebetulnya, pemerintah sudah mendapatkan surat pembatalan itu dari FIFA. Akan tetapi, mereka belum mau muncul untuk memberikan pernyataan kepada rakyat Indonesia," terangnya.

"Surat yang disampaikan FIFA kepada pemerintah kemarin itu sudah menunjuk Peru sebagai penyelenggara tuan rumah Piala Dunia U-20 menggantikan Indonesia. Peru merupakan penyelenggara Piala Dunia U-17."

Sementara itu, seperti pada laman CNN Indonesia, selain Peru ada negara lain yang dikabarkan sudah siap menjadi pengganti Indonesia dalam menyelenggarakan Piala Dunia U-20 seperti Argentina dan Qatar.

FIFA sampai saat ini belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Plt Menpora Muhadjir Effendy mengatakan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan pergi ke Zurich, Swiss, untuk berbicara dengan FIFA.

"Kita belum sejauh itu (pembatalan Indonesia jadi tuan rumah), kita berharap ada perubahan sikap dari FIFA dan kita mencoba mengakomodasi berbagai penolakan dari dalam negeri. Insya Allah tidak ada kemungkinan buruk, semua kemungkinan baik," kata Muhadjir.

Sebelumnya, Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 setelah FIFA membatalkan acara drawing atau undian Piala Dunia U-20 yang rencananya akan digelar di Bali pada 31 Maret 2023.

Berita Lainnya