Tanpa Tes, Hasil UTBK Bisa untuk Pendaftaran UK Maranatha

Kawula Muda, gimana nih hasil SBMPTN kemaren?

Ilustrasi penyambutan mahasiswa baru kampus UK Maranatha, Bandung. (Dok. Maranatha)
Wed, 16 Jun 2021

Pengumuman Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) baru saja diumumkan pada Selasa, (15/6/2021) kemarin.

Mengingat kuota setiap program studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbatas, tak jarang calon mahasiswa kecewa dengan hasil yang mereka dapat. Namun, hal itu bukan akhir dari segalanya.

Bagi yang tidak ingin membuang waktunya lagi, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bisa jadi alternatif untuk kamu, kok. Tak sedikit juga PTS yang kualitasnya tak kalah dengan PTN. Sehingga, keputusan ini menjadi jalan yang tepat.

Pasalnya, ada beberapa PTS yang terkenal memberikan ujian saringan masuk yang cukup sulit. Untuk itulah, salah satu PTS ternama di Bandung membuka jalur tanpa tes, khusus bagi para peserta UTBK. 

Sekretaris Umum Universitas Kristen Maranatha, Robby Yussac Tallar, M.T., Dipl.IWRM., Ph.D., dalam keterangannya Sabtu (12/6/2021), menyebutkan bahwa UK Maranatha membuka kesempatan bagi mereka yang telah memiliki nilai UTBK, untuk dapat mendaftarkan diri melanjutkan kuliah di Maranatha, tanpa mengikuti tes masuk.

Bagaimana syarat nilai tanpa tes?

"Para peserta yang telah mengikuti UTBK, bisa memakai nilai UTBK mereka untuk mendaftar ke UK Maranatha, tidak perlu ikut tes masuk lagi," ungkap Robby.

Ia juga berpesan bagi para peserta UTBK yang tidak berhasil masuk ke PTN agar tetap semangat untuk melanjutkan studi.

Lulusan terbaik Fakultas Kedokteran Gigi UK Maranatha menyampaikan pesan perpisahan pada upacara Wisuda. (Dok. Maranatha)

"Keberhasilan seseorang terbuka lebar melalui berbagai pintu kesempatan dan tempat yang bermacam-macam. Saat ini, kampus Maranatha membuka pintu dan menyambut para siswa untuk bisa melanjutkan studi, dan meraih cita-cita yang diimpikan," pesannya.

Dilansir dari situs resmi www.maranatha.edu, UK Maranatha mulai membuka jalur UTBK pada bulan ini, Juni 2021. Para peserta dengan nilai UTBK minimal 400, dapat mendaftarkan diri tanpa tes masuk dengan pilihan program studi di tujuh fakultas seperti Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Bisnis, Fakultas Bahasa dan Budaya, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Hukum.

Sedangkan untuk Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi, nilai minimal UTBK-nya yaitu 500. Khusus pendaftaran jalur UTBK ini, UK Maranatha juga menyediakan layanan "quick register", yang merupakan layanan pendaftaran cepat untuk memangkas tahapan pendaftaran. Tentunya hal ini bisa memudahkan calon mahasiswa untuk mendaftar!

Yuk, tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu, ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya