Tercatat Satu Kasus Baru Sejak Februari, Selandia Baru Langsung Lockdown Tiga Hari

Kawula Muda, sigap banget nih langsung lockdown!

Tes Covid-19 drive-thru di Auckland, New Zealand. (GETTY IMAGES)
Wed, 18 Aug 2021

Kawula Muda, New Zealand atau Selandia Baru pada Selasa (17/8/2021) telah menetapkan status siaga Level 4 sesaat setelah warga Auckland dinyatakan positif Covid-19.

Tak tanggung-tanggung, pemerintah setempat langsung memberlakukan lockdown. Rupanya, ini merupakan kasus pertama transmisi lokal yang ditemukan sejak bulan Februari.

Melansir LADbible, Direktur Jenderal Kesehatan, Dr Ashley Bloomfield mengatakan bahwa kasus itu dialami oleh pria berusia 58 tahun yang tinggal di Devonport.

Pria itu mulai mengalami gejala pada Sabtu (14/8/2021) lalu dan diduga telah terinfeksi Covid-19 varian Delta sejak Kamis (12/8/2021).

Hingga saat ini, telah tercatat 10 kasus aktif baru di Selandia Baru. Itulah mengapa Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern menetapkan seluruh wilayah untuk melakukan lockdown tiga hari mulai Selasa (17/8/2021) pukul 23.59 waktu setempat.

Mayoritas penduduk Selandia Baru belum divaksinasi, menjadi salah satu faktor bagaimana kasus ini terus bertambah.

Melansir BNN Bloomberg, kurang dari 20 persen penduduk di Selandia Baru yang telah dinyatakan mendapatkan vaksinasi lengkap.

Untuk itu, seluruh sekolah, tempat umum, hingga pertokoan tidak diperbolehkan buka, kecuali toko yang menyediakan bahan makanan, bensin, dan produk kesehatan.

Gimana pandangan kamu, Kawula Muda, terkait kebijakan Selandia Baru?

Berita Lainnya