Terus Menyebar, 4 Negara Sudah Laporkan Kasus Varian Covid-19 Terbaru Omicron Asal Afrika Selatan

Hai Kawula Muda, selalu taati prokes ya guys!

Varian baru Omicron asal Afrika Selatan mulai menyebar. (NBC BOSTON)
Sun, 28 Nov 2021

Virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19, sepertinya belum mau menghilang. Bahkan, terus bermutasi. Setelah dunia direpotkan dengan dahsyatnya varian Delta, belakangan muncul lagi virus yang disebut-sebut kebal dengan vaksin Covid-19.

Jenis mutasi terbaru yang mulai menjadi kekhawatiran dunia itu adalah varian B.1.1.529 yang muncul pertama kali di Afrika selatan.

Dunia pun, termasuk WHO, mulai mengambil langkah-langkah serius untuk mencegah masuknya varian Covid-19 yang dinamakan Omicron yang disebut-sebut dapat memengaruhi efektivitas vaksin.

Mulai menyebar

Selain di Afrika Selatan, tempat ditemukan kasus pertama kali, negara-negara berikut ini juga telah melaporkan adanya kasus varian Covid-19 Omicron. 

Berikut 4 negara yang telah melaporkan ditemukan kasus Covid-19 varian Omicron:

1. Jerman

Dikutip dari AFP, Jerman menjadi negara terbaru yang melaporkan kasus varian Omicron yang telah memicu kekhawatiran kemunduran besar dalam upaya global untuk mengakhiri pandemi virus corona.

Menteri Urusan Sosial di negara bagian barat Hesse, Kai Klose pada Sabtu (27/11/2021) mengatakan, otoritas kesehatan telah mengidentifikasi kasus dugaan pertama di negara itu pada seseorang yang kembali dari Afrika Selatan.

2. Israel 

Selain Jerman, Israel juga telah mengidentifikasi kasus varian Covid-19 B.1.1.529 pada Jumat (26/11/2021).

Kementerian Kesehatan Israel mengatakan, varian yang ditemukan di negara-negara Afrika Selatan telah diidentifikasi pada seseorang yang baru kembali dari Malawi.

Dua kasus lain juga dilaporkan menginfeksi orang yang baru kembali dari luar negeri. Ketiga orang itu semuanya sudah divaksin Covid-19.

3. Hong Kong

Dikutip dari Bloomberg, di Hong Kong telah dilaporkan kasus pasien pertama seorang pelancong dari Afrika Selatan dan pasien kedua berkaitan dengan seseorang yang baru melakukan perjalanan dari Kanada.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan mengatakan, pelancong dari Afrika Selatan menggunakan masker dengan katup yang tidak menyaring udara yang diembuskan dan mungkin telah menularkan virus ke tetangganya ketika pintu kamar hotel terbuka.

Sebanyak 12 orang yang tinggal di kamar yang dekat dengan dua kasus Hong Kong sekarang menjalani wajib karantina 14 hari di fasilitas pemerintah.

4. Belgia

Belgia menjadi negara Eropa pertama yang melaporkan kasus Covid-19 varian Omicron pada Jumat (26/11/2021).

Menteri Kesehatan Frank Vandenbroucke mengatakan, kasus varian B.1.1. 529 telah ditemukan pada orang yang tidak divaksinasi yang telah mengembangkan gejala dan dites positif pada 22 November 2021.

Pasien pertama tersebut diketahui mengalami gejala 11 hari setelah kembali dari Mesir melalui Turki. Dia memiliki gejala seperi itu, tetapi sampai saat ini tidak ada tanda-tanda penyakit parah.

Covid-19 masih ada di sekitar kita, salah satu cara terbaik untuk mencegah penularan adalah dengan selalu taati protokol kesehatan di manapun berada.

Berita Lainnya