Tidak Setujui Kebijakan Privasi Baru, Konsekuensi Ini yang Akan Diterima Pengguna WhatsApp

Kawula Muda, terima atau tidak terima nih.

Aplikasi Whatsapp di ponsel. (FREEPIK)
Tue, 18 May 2021

Dipastikan tidak akan menghapus akun, pengguna yang tidak menyetujui kebijakan privasi baru akan menerima konsekuensi ini dari WhatsApp.

WhatsApp sudah resmi memberlakukan kebijakan privasi baru per 15 Mei 2021. Tetapi, mereka memberikan opsi kepada penggunanya untuk menyetujui atau tidak menyetujui pembaruan. 

Namun, jika tidak menyetujui kebijakan privasi baru, ada beberapa konsekuensi yang akan diterima pengguna. Dilansir dari WABetaInfo, berikut ini pembatasan pada akun pengguna yang perlu diketahui.

Ilustrasi orang menggunakan aplikasi WhatsApp. (FREEPIK)

 

1. Pengguna masih bisa membalas pesan notifikasi selama beberapa minggu, tetapi tidak bisa membuka lagi daftar chat karena adaya pengingat soal kebijakan layanan

2. Pengguna tidak bisa update status

3. Pengguna tidak bisa meneruskan pesan ke pengguna yang lain

4. Pengguna tidak bisa menggunakan fitur broadcast list serta membuat grup baru.

5. Pengguna tidak akan bisa mengutip pesan hingga menyebut pengguna lain dalam suatu grup

6. Pengguna tidak bisa mengirim voice note, stiker, dan lain sebagainya.

7. Riwayat chat tidak bisa di-backup karena dengan tidak menyetujui kebijakan privasi baru maka secara otomatis menonaktifkan fitur backup

8. Pengguna tidak dapat mengakses layanan Click to Chat.

9. Ekspor riwayat chat tidak bisa diakses pengguna

10. Khusus pengguna iOS, pengguna tidak dapat melihat media yang dibagikan apabila belum di-export, sedangkan pengguna Android masih dapat melihat media yang dikirim menggunakan File Manager.

Jika sudah beberapa minggu tidak menyetujui kebijakan, pengguna dipastikan tidak bisa menerima pesan hingga panggilan suara, tetapi masih diberikan kesempatan untuk menerima kebijakan baru. 

Berita Lainnya