Universitas Standford di Amerika, Akan Membuka Kampus di IKN Nusantara

Siapa diantara kalian yang udah nunggu dan gak sabar untuk daftar nih Kawula Muda?

Pertemuan dalam Lol Signing Ceremony between Standford Doerr School of Sustainability and Otorita Ibu Kota Nusantara (Instagram/pandusjahrir)
Thu, 21 Sep 2023

Universitas bergengsi di Amerika Serikat, Stanford University berniat untuk membangun kampus di IKN Nusantara tepatnya di Kalimantan Timur. Niat tersebut menjadi salah satu bentuk realisasi kerja sama antara IKN Nusantara dengan pihak luar negeri.

Rencana pembangunan kampus di IKN Nusantara telah disampaikan melalui Letter of Intent (LoI).

Letter of Intent dari Stanford namanya Doerr School of Sustainability, mereka menyampaikan kemarin di Letter of Intent-nya hari Jumat lalu ke Pak Bambang,” ungkap Agung Wicaksono selaku Deputi Pendanaan dan Investasi Badan Otorita IKN Nusantara.

Stanford Doerr School of Sustainability (SDSS) merupakan institusi pendidikan milik Universitas Stanford yang fokus pada perubahan iklim dan sustainability. Institusi tersebut resmi dibuka pada tanggal 1 September 2022 dan telah dianggap sebagai salah satu sekolah terkemuka di Amerika Serikat. Melalui SDSS, Stanford terus berupaya untuk melakukan inovasi yang bermanfaat bagi keberlanjutan kehidupan di bumi. 

Niat baik Stanford untuk berinvestasi di Indonesia melalui SDSS tidak lepas dari dukungan beberapa alumni Stanford asal Indonesia.

“Ada Pak Rachmat (Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenkomarves) itu kan alumni Stanford, ada Anindya Bakrie, Pandu Sjahrir, kita tentu welcome,” kata Agung.

Menurut Agung, proyek SDSS ini merupakan sebuah komitmen para generasi muda Indonesia untuk fokus terhadap pembangunan IKN Nusantara.

“Jadi ini para putra bangsa yang punya komitmen, konsen pada IKN dan juga kemudian lulusan sebuah sekolah yang bergengsi Stanford,” ungkap Agung.

Pandu Sjahrir sebagai ketua Stanford Alumni Club of Indonesia juga menyambut baik adanya kolaborasi IKN Nusantara dengan SDSS. Alasannya, kerja sama berkelanjutan tersebut penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai upaya jangka panjang pemerintah Indonesia.

“Stanford adalah sekolah yang paling terkemuka karena menggabungkan keunggulan dalam bidang bisnis dan teknologi. Oleh karena itu, saya sangat bersemangat dengan kerja sama ini,” kata Pandu.

Berita Lainnya