Viral! Gerobak Mi Ayam Bakso Jadi Objek Wisata di Sidney, Australia

Hai Kawula Muda, kira-kira di Sidney berapa harga semangkok mi ayam bakso gerobak keliling ya?

Gerobak Mi Ayam Bakso di Taronga Zoo Sidney, Australia. (DOK SHEILA PRANOTO)
Sun, 18 Oct 2020

Baru-baru ini viral di media sosial tentang video yang memperlihatkan sebuah tempat wisata unik di Sydney, Australia.

Berawal dari pemilik akun aplikasi TikTok Sheila Pranoto, @rapuncila, yang mengunggah video lawas miliknya saat berkunjung ke tempat wisata tersebut pada Juni 2019.

Dalam video viral yang diunggah pada Senin (12/10/2020), terekam suasana yang bikin penonton tak akan percaya kalau itu bukan di Indonesia. Pemandangan berupa gerobak mi ayam, kupat tahu, toko kelontong, konter pulsa, hingga bengkel motor terekam dalam video.

“Tebak ini di Indonesia ato bukan???,” tulis Sheila.

Di awal video tampak Sheila berlari kecil menuju bangunan toko kelontong khas Indonesia. Kemudian ia mengetuk pintu toko dan memeragakan seolah-olah ingin membeli sesuatu.

Video kemudian merekam sebuah gerobak mi ayam bakso dan tahu kupat yang membuat nuansa kian khas Indonesia.

“Persis di Indonesia kan? Ada mi ayam, tahu kupat,” ungkap Sheila lagi.

Dalam video tersebut terekam juga suasana ramai pengunjung serta beberapa wisatawan asing yang terpesona dengan tempat bernuansa Indonesia tersebut.

Ada sebuah gerbang bertuliskan Taman Nasional Way Kambas.  Di akhir video, ia memberi informasi kepada warganet TikTok bahwa tempat tersebut memang dibuat mirip seperti Taman Nasional Way Kambas, Lampung.

Video wisata Australia Rasa Indonesia itu pun disukai ratusan ribu warganet dan mendapat ribuan komentar.

“Demi apa itu di Australia?,” tulis akun @HarunAli

“Bule-bule gak usah jauh-jauh ke Indonesia, sudah ada wisata Instagramable mirip Indonesia di Australia,” tulis akun @ShofwanMuis.

“Hahaha bisa persis banget,” tulis pemilik akun @Alilf57025809.

Replika Taman Nasional Way Kambas di Taronga Zoo Sidney

Ternyata tempat wisata yang viral tersebut merupakan bagian dari Taronga Zoo Sidney, Australia. Tempat yang diberi nama Taman Nasional Way Kambas dan didirikan pada 2017 itu disediakan pengelola bagi wisatawan yang hendak melihat langsung harimau Sumatera.

Gerbang Taman Nasional Way Kambas di Taronga Zoo Sidney, Australia. (DOK SHEILA PRANOTO)

  

Dilansir Nikkei Asia, Taronga Zoo menjadi tempat untuk membantu menyelamatkan populasi harimau Sumatera yang kerap diburu untuk kemudian diambil kulitnya sebagai hiasan rumah dan tulangnya dijadikan obat.

Chief Executive Toranga Zoo mengatakan bahwa yang dilakukan pihaknya adalah bentuk dukungan mereka kepada Indonesia dan penghargaan kepada berbagai pihak yang telah bekerja keras bersama-sama dalam mewujudkannya.

Taronga Zoo Sidney merupakan kebun binatang terbesar di Australia dengan lahan seluas 28 hektar.

Berlokasi hanya 12 menit dari kota Sidney dengan menggunakan kapal feri, kebun binatang yang dibuka pada 7 Oktober 1916 ini memiliki dan menjadi rumah bagi lebih dari 4.000 hewan dari 350 spesies, termasuk harimau Sumatera.

Tiket masuk Taronga Zoo Sidney dibanderol seharga Rp 400.000 per orang.

Berita Lainnya