Vokasi Universitas Indonesia akan Terapkan Mata Kuliah Komik

Seru banget nih belajar tentang indusrti komik!

Ilustrasi komik (UNSPLASH)
Mon, 09 Jan 2023


Program studi (prodi) Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) menerapkan kurikulum dengan mata kuliah baru yaitu kuliah pembuatan komik.

Hal tersebut bertujuan agar Vokasi UI bisa turut serta dalam pembangunan industri komik yang memiliki potensi tinggi. Selain itu, industri komik mampu mendobrak pasar ekonomi kreatif Indonesia.

Melansir dari Kompas, Senin (09/01/2022), sebanyak 180 siswa-siswi dari SMA dan SMK di Jabodetabek, seperti, SMA Al Azhar 19, SMKN 1 Depok, dan SMK Budi Luhur turut serta dalam acara lokakarya yang dibuat oleh UI.

Lokakarya ini sebagai salah bentuk upaya dalam program pengabdian masyarakat dengan tema "Comic, IP, Transmedia-Storytelling" pada November 2022 di Vokasi UI, Depok.

Ilustrasi komik (UNSPLASH)

 

Terdapat beberapa praktisi yang hadir dalam lokarkaya, ada Rizqy R Mosmarth yakni Managing Editor BumiLangit Entertainment, Bara Adhyaksa yakni Manager HUUION Indonesia dan Ayoga Nanda yaitu Editor Gramedia.

Bara menuturkan, intellectual property bisnis IP terus meningkat dan punya potensi untuk meningkatkan ekosistem industri kreatif di Indonesia.

"Peran industri untuk mengenalkan komik kepada generasi muda dapat dimulai dengan langkah awal seperti lokaryya yang saat ini kita berikan, khususnya bagi siswa-siswi SMA dan SMK," terang Bara.

Di kesempatan yang sama pula, Ayoga juga memperkenalkan teknik storytelling dalam pembuatan komik. Menurutnya, story atau cerita-lah yang menjadi fokus utama dalam pembuatan komik.

"Teknik storytelling juga memiliki banyak manfaat, seperti dapat menjabarkan plot dan premis dalam sebuah komik, mengatur alur dan poin yang ingin disampaikan, serta memudahkan penyampaian pesan dan cerita dari kreator komik," kata Ayoga, seperti yang tertera dalam laman VIVA.

Gimana, lo tertarik juga buat belajar tentang komik di mata kuliah ini?

Berita Lainnya