Al-Sadd Relakan Xavi Hengkang, Barcelona Berhasil Pulangkan Sang Legenda

Xavi Hernandez yang digadang-gadang sebagai pengganti Ronald Koeman, akhirnya sepakat untuk pulang ke Camp Nou.

Xavi Hernandez. (Twitter/AlsaddSC)
Fri, 05 Nov 2021

Keinginan Barcelona memulangkan Xavi Hernandez ke Camp Nou dari Al-Sadd menemukan titik terang. Dikabarkan pihak Barcelona akan mengumumkan pengangkatan Xavi sebagai pelatih pada Jumat (5/11).

Pihak Barcelona yang diwakili oleh Wakil Presiden Bidang Olahraga, Rafa Yuste, dan Direktur Bagian Sepak Bola, Mateu Alemany bernegosiasi di Doha, Qatar untuk mendapatkan tanda tangan sang pelatih.

Kesepakatan untuk mengakhiri kontrak Xavi di Al-Sadd terealisasikan setelah ada diskusi dengan sang empunya klub, Sheikh Mohammad bin Khalifa Al Thani. Sebelumnya, Sheikh Al Tani keberatan melepas Xavi.

Bagaimana tidak, Al-Sadd dibawanya nyaman di puncak klasemen dengan 8 kemenangan dan 1 imbang dari 9 pertandingan. Selain itu, pelatih berusia 41 tahun tersebut masih terikat kontrak hingga 2023.

Kepindahan Xavi sendiri dapat dibilang mulus, meskipun Al Thani sempat mengutarakan keengganannya melepas sang pelatih. Namun, klausul khusus pada kontrak Xavi yang memberikan hak untuk mempertimbangkan tawaran jika ada permintaan dari Barcelona, memuluskan jalannya negosiasi.

Xavi sendiri dikabarkan akan berangkat ke Katalunya bersama Yuste dan Alemany pada Sabtu (6/11) waktu setempat. Ia akan menggantikan Ronald Koeman yang baru dipecat minggu lalu.

Nantinya, Xavi tidak akan menemani Gerard Pique dkk saat bertandang ke Celta Vigo pada Sabtu nanti. Ia baru akan memulai kembali kisahnya bersama Barcelona setelah jeda internasional, ketika Barca menjalani derby melawan Espanyol.

Berita Lainnya