Alami Cedera, Anthony Sinisuka Ginting Mundur dari Japan Open 2022

Kawula Muda, pebulu tangkis putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, mengundurkan diri dari Japan Open 2022 karena cedera.

Anthony Sinisuka Ginting (PBSI.ID)
Thu, 01 Sep 2022


Kabar kurang menyenangkan datang dari pebulu tangkis putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Hal itu karena Ginting harus mundur dari Japan Open 2022 akibat cedera yang ia derita.

Seharusnya Ginting bertanding pada 32 besar Japan Open 2022 pada Rabu (31/8/2022). Dia bakal berhadapan dengan Kunlavut Vitidsarn yang berasal dari Thailand.

Sayangnya, Ginting harus mundur dari pertandingan tersebut. Pasalnya, dia mengalami cedera di bagian punggung bawahnya.

Setidaknya demikian yang disampaikan oleh dokter PBSI yang ikut berangkat ke Jepang, dr. Grace Joselini Corlesa. Menurut dr. Grace, Ginting terpaksa pulang lebih awal.

Masih menurut sang dokter, sejatinya Ginting sudah lama menahan rasa sakit tersebut. Tepatnya mulai perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 silam.

"Ginting mengalami cedera punggung bawah atau kami (tim dokter) biasanya menyebutnya dengan low back pain," ujar dr. Grace pada situs resmi PBSI.

"Kami sudah memberikan terapi kepadanya dan tata laksana medis sejak keluhan pasca perempat final di Kejuaraan Dunia melawan Viktor Axelsen di Tokyo kemarin."

"Sampai kemarin ada progres membaik. Akan tetapi bila dipaksakan untuk bermain hasilnya pasti tidak maksimal dan bahkan berisiko cederanya makin parah," lanjut dr. Grace.

Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky, membenarkan kabar tersebut. Menurut Rionny, PBSI memutuskan menarik Ginting demi keselamatan sang pemain.

"Saya mendengar dari Irwansyah (pelatih tunggal putra), ada satu momen ketika melawan Axelsen, Ginting mencoba mengambil bola yang membuat punggungnya sakit," kata Rionny.

"Ginting masih mencoba latihan dua hari kemarin, tetapi memang dia bilang tidak sanggup untuk bertanding karena rasa sakit, apalagi ketika menunduk."

"Rekomendasi dokter juga tidak memberikan izin untuk bertanding, jadi kami putuskan untuk menariknya," Rionny menambahkan.

Berita Lainnya