Bakal Adakan Seleksi, PBSI Mundur dari Tur BWF di India

PBSI mundur dari tur BWF di India karena dua alasan, salah satunya adalah bakal mengadakan seleksi nasional pada Januari mendatang.

Agung Firman Sampurna. (Situs PBSI)
Sun, 19 Dec 2021

PBSI kembali membuat keputusan mengejutkan. Setelah sebelumnya mundur dari Kejuaraan Dunia 2021, kini mereka tidak akan mengikuti rangkaian tur BWF di India.

Pada Januari 2022, di India akan ada tiga kejuaraan bulu tangkis. Pertama adalah India Open 2022 (11-16 Januari), Syed Modi India International (18-23 Januari), dan Odisha Open 2022 (25-30 Januari).

Akan tetapi, PBSI memutuskan untuk tidak mengikuti ketiga ajang tersebut. Sejatinya terdapat dua alasan pertama mengenai absennya Kevin Sanjaya Sukamuljo dkk.

"Performa pemain diprediksi tidak akan maksimal. Mereka baru saja rehat dari menjalani pertandingan dengan intensitas yang demikian tinggi," ujar Kabid Binpres, Rionny Mainaky.

"Selain itu, terus menerus sejak September hingga Desember (ada pertandingan). Baik tim utama, pelapis maupun junior. Persiapan pemain juga kurang optimal karena ada libur merayakan Natal dan Tahun Baru 2022."

"Seluruh penghuni Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, sejak 18 Desember 2021 dikembalikan ke klubnya masing-masing. Dengan kondisi seperti ini, persiapan pemain tidak akan maksimal," lanjutnya.

Sementara itu, alasan kedua adalah akan adanya Seleksi Nasional di Pelatnas PBSI. Kegiatan ini sendiri penting sebagai bagian dari regenerasi pemain.

"Pada awal Januari ini, PP PBSI akan menggelar kegiatan Seleksi Nasional di Pelatnas Cipayung yang diikuti ratusan pemain dari 34 provinsi," kata Rionny.

"Dengan hadirnya para peserta Seleksi Nasional, tidak ada fasilitas berlatih karena lapangan yang biasanya digunakan pemain berlatih, dipakai untuk menggelar pertandingan," pungkasnya.

Berita Lainnya