Dampak Invasi Rusia ke Ukraina bagi Dunia Olahraga, Apa Saja?

:(( (speechless banget)

(Ilustrasi) Dunia olahraga terkena dampak invasi Rusia kepada Ukraina (UNSPLASH/Karsten Winegear)
Fri, 25 Feb 2022

Invasi Rusia ke Ukraina turut memengaruhi berbagai aspek dunia. Hal itu dikarenakan terjalinnya benang-benang hubungan Rusia maupun Ukraina dengan berbagai negara di seluruh dunia.

Mulai dari bidang ekonomi, sosial, politik, hingga olahraga dunia terkena dampak dari invasi tersebut. Berikut beberapa pengaruh terhadap dunia olahraga dalam waktu dekat setelah deklarasi Vladimir Putin menginvasi Ukraina!

Final UEFA Champions League

via GIPHY

Sebenarnya, final UEFA Champions League musim ini akan digelar di kota Saint Petersburg, Rusia. Terkait dengan invasi tersebut, UEFA memutuskan akan memantau situasi dengan cermat. Ada pula kemungkinan akan dipindahkannya lokasi gelaran final tersebut untuk memastikan keamanan para atlet. 

Tuan Rumah Formula 1

via GIPHY

Sama seperti UEFA, Rusia sebenarnya menjadi salah satu tuan rumah balap Formula 1 pada September mendatang. Tepatnya, gelaran tersebut direncanakan akan berlangsung di kota Sochi, Rusia. Namun, (sekali lagi), atas alasan keamanan, banyak protes yang datang untuk memindahkan lokasi balap Formula 1 tersebut. 

Sponsorship

Schalke 04 copot logo Gazprom dari seragam mereka (INSTAGRAM/SCHALKE04)

Gazprom adalah salah satu perusahaan energi terbesar milik Rusia. Perusahaan tersebut diketahui menjadi sponsor utama Schalke 04, salah satu klub sepak bola profesional di Jerman. Semenjak invasi dilakukan, pihak Schalke 04 telah berkomitmen untuk menurunkan logo Gazprom baik dari jersey, maupun di berbagai sudut stadion olahraga.

Semifinal Playoff Piala Dunia 2022

via GIPHY

Invasi tersebut juga berdampak langsung akan semifinal Playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa. Polandia dan Rusia direncanakan akan bertanding pada 24 Maret mendatang di VTB Arena, Moskow. Namun, atas alasan keamanan para atlet, staf, hingga pelatih, Polandia menolak untuk bertanding di Rusia. 

Karenanya, Federasi Sepakbola Polandia meminta FIFA sebagai penyelenggara pertandingan untuk segera bertindak memberikan jaminan keamanan selama Playoff tersebut berlangsung.

Berita Lainnya