Delapan Mantan Pemain NBA akan Bertanding di IBL Tokopedia 2024

Basketball Lovers, mari kita sambut pemain baru di IBL Tokopedia 2024!

Delapan Mantan Pemain NBA akan Bertanding di IBL Tokopedia 2024 (IBL Indonesia)
Thu, 14 Dec 2023

IBL Tokopedia 2024 akan segera digelar dengan format dan aturan baru pada 13 Januari 2024. Aturan baru di antaranya adalah format home and away sejak babak reguler serta ditambahnya jatah pemain asing dan heritage player bagi setiap klub.

Adanya kebebasan bagi tiap klub untuk mencari pemain asing tanpa melalui draft, membuat liga kali ini akan semakin semarak. Sudah tercatat delapan mantan pemain NBA dan sejumlah mantan pemain G League, EuroLeague dan liga mancanegara lainnya akan berlaga di IBL Tokopedia 2024.

Di antaranya adalah Malachi Lewis Richardson dan Thomas Earl Robinson ( ex Sacramento Kings) dan Kevin OrnelMcDaniels (ex Houston Rockets) yang bermain untuk Pelita Jaya Bakrie.

RANS Simba memiliki Jerome Jordan (ex Brooklyn Nets) dan LeBryan Nash (ex Houston Rockets). Jordan Adams (ex Memphis Grizzlies) memperkuat Dewa United Banten, dan Jabari Carl Bird (ex Boston Celtic) bergabung dengan Rajawali Medan serta Mycheal Jerome Henry (ex Memphis Grizzlies) bersama Satria Muda Pertamina.

Totalnya akan ada 39 pemain asing dan heritage yang tersebar pada 14 klub peserta IBL.

“Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi Indonesia sekaligus bagian grup GoTo, selalu berkomitmen mendukung talenta terbaik tanah air, termasuk di bidang basket, untuk mendapatkan kesempatan berkembang yang lebih luas,” kata Associate Vice President of Category Development Tokopedia, Ramadhan Niendraputra.

“Pada kesempatan kali ini, Tokopedia kembali mendukung Indonesia Basketball League (IBL) dengan menghadirkan IBL Tokopedia 2024. Dengan inisiatif ini, Tokopedia juga berharap bisa mengajak lebih banyak masyarakat Indonesia untuk mendukung pebasket tanah air, serta ikut berkontribusi dalam memajukan industri olahraga di Indonesia,” sambungnya.

Junas Miradiarsyah selaku Direktur Utara IBL berharap ke depannya para pemain mancanegara ini akan menularkan ilmu kepada pemain Indonesia dan pertandingan akan semakin menarik juga meningkatkan nilai dari masing-masing klub basket di Indonesia.

Presiden klub Satria Muda Pertamina, Baim Wong tak terlalu mempermasalahkan soal salary cap. “Terpenting adalah bagaimana aturan-aturan baru ini bisa membuat bola basket Indonesia semakin maju. Satria Muda tetap ingin menjadi juara Indonesia, tetapi tentu akan bangga jika Indonesia menjadi juara,” tegas Baim.

Hal senada diungkap pula oleh owner RANS Simba, Raffi Ahmad. “Kami ingin dengan rules baru pertandingan lebih ketat dan bola basket semakin dicintai di Indonesia,” kata Raffi.

Hadirnya pemain asing juga memberi tantangan bagi para pemain lokal. “Hal ini menjadi tantangan bagi saya menghadapi lawan-lawan yang memiliki postur lebih tinggi, ini akan memicu semangat dan bekal memperbaiki diri menghadapi tim-tim internasional nantinya,” kata point guard tim nasional Indonesia yang membela sang juara bertahan Prawira Harum Bandung, Yudha Saputera.

Selain akan dimeriahkan oleh penampilan para senior di lapangan, IBL Tokopedia 2024 juga akan menghadirkan Kesatria Bengawan Solo, tim baru untuk IBL 2024 yang antusias menghadapi liga mendatang. 

Meski tim baru, ternyata mereka sudah memiliki pasukan yang siap berlaga. Tim ini memiliki pemain lokal andal macam Andre Rorimpandey, Kevin Moses Poetiray, Tifan Eka Pradita dan Bryan Elang. 

“Komposisi pemain kami sudah ada,” tegas sang pelatih Efri Meldy. 

Selamat datang para pemain asing, selamat datang klub baru. Mari menggapai harapan dan semangat baru dalam laga-laga yang lebih sengit dan seru serta format baru. 

Kawula Muda dan Basketball Lovers, mari kita sambut IBL Tokopedia 2024.

Berita Lainnya