Covid-19 Naik Lagi, Kemenkes Siapkan Vaksin Booster Lanjutan

Jaga kesehatan, Kawula Muda

Ilustrasi pemberian vaksin Covid-19 tambahan di tengah kabar kasus Covid-19 meningkat di Indonesia (UNSPLASH/Mat Napo)
Thu, 14 Dec 2023


Covid-19 kembali naik, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dikabarkan tengah mempersiapkan vaksin booster Covid-19 lanjutan untuk distribusi secara massal.

“Kita sudah bersiap membuka vaksinasi massal kepada masyarakat. Lagi proses vaksinasi juga, untuk booster ketiga,” ujar Azhar Jaya selaku Direktur Jenderal Pelayanan Kemenkes RI, dikutip dari CNN (14/12/2023).

Program vaksinasi ini digencarkan terlebih di daerah dengan kasus penularan Covid-19 yang tinggi, salah satunya adalah DKI Jakarta yang tercatat mengalami lonjakan kasus Covid-19 hingga 40 persen dalam seminggu.

Ilustrasi pemberian vaksin Covid-19 tambahan di tengah kabar kasus Covid-19 meningkat di Indonesia (UNSPLASH/Daniel Schuldi))

Pemerintah juga akan melakukan survei antibodi kepada masyarakat untuk melihat seberapa besar kekebalan yang dimiliki tubuh terhadap Covid-19 yang kini masih ada di tengah masyarakat.

Tren Covid-19 mengalami kenaikan beberapa waktu terakhir, tercatat di data Kemenkes, sebanyak 58,9 persen tren kenaikan kasus Covid-19 sepanjang Oktober-November 2023.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan kenaikan kasus COVID-19. Dalam sepekan ini ada 271 kasus baru yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Ada 271 kasus baru positif dalam seminggu di DKI Jakarta tanggal 4-10 Desember," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama kepada wartawan, Senin (11/12/2023).

Meski begitu, bed occupancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur di berbagai rumah sakit masih relatif rendah, tidak seperti kasus Covid-19 sebelumnya.

Lonjakan kasus Covid-19 ini ditengarai terjadi karena sub varian Omicron EG.5 dan EG.2 atau yang kerap disebut sebagai Eris. Sub varian satu ini juga memicu lonjakan kasus di sejumlah negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Berita Lainnya