Indonesia Berhasil Merengkuh Gelar Juara Piala Asia E-Sport 2023!

Kerennn bangettttttt!

Timnas eSports Indonesia juara E-Sports Piala Asia 2023 atau AFC eAsian Cup 2023 (PSSI)
Tue, 06 Feb 2024


Tim Nasional E-Sport Indonesia meraih gelar juara di edisi perdana e-Piala Asia atau Piala Asia Elektronik yang diselenggarakan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) bersamaan Piala Asia 2023 di Qatar.

Tim “Garuda” berhasil mengalahkan Jepang pada dua laga partai puncak, Senin (5/2/2024) waktu setempat, di Virtuocity eSports Arena, Doha, Qatar.

Sebelumnya, Indonesia berhasil melaju ke babak final AFC eAsian Cup 2023 usai menyingkirkan Thailand di semifinal. Tim Indonesia, yang diperkuat Rizky Faidan, Elga Cahaya Putra, dan Akbar Paudie menang 1-0 dan 2-1, dalam pertandingan bersistem best of three tersebut.

Jepang kemudian menunggu Indonesia di babak final setelah sebelumnya berhasil menekuk Arab Saudi dengan skor 1-0 sebanyak dua kali dari dua laga.

Menghadapi Jepang, Indonesia sempat kesulitan karena pertandingan berjalan cukup sengit.

Di gim pertama, Indonesia vs Jepang sempat imbang 1-1, sebelum babak tos-tosan dilakukan. Tim Merah Putih akhirnya menang 3-2 dalam babak tos-tosan itu.

Timnas eSports Indonesia juara E-Sports Piala Asia 2023 atau AFC eAsian Cup 2023 (PSSI)

Sementara di gim kedua, Timnas Indonesia bisa menang 1-0 atas Jepang. Hasil tersebut kemudian membuat Indonesia menjadi juara AFC eAsian Cup 2023.

AFC eAsian Cup 2023 sendiri merupakan edisi perdana eSport Piala Asia. Beruntungnya, Indonesia bisa menjadi juara pada kesempatan pertamanya.

Prestasi yang diukir Indonesia pada AFC eAsian Cup 2023 sudah terlihat sejak awal turnamen, Kawula Muda. Laju Indonesia cukup mulus di AFC eAsian Cup 2023, dengan hanya sekali menelan kekalahan sejak awal.

Sedangkan di fase grup, Timnas Indonesia bisa keluar menjadi juara Grup D mengungguli tim yang menjadi lawannya di final, yakni Jepang.

Di babak 16 besar, Indonesia menyingkirkan Korea Selatan, lalu mendepak Uni Emirat Arab di perempatfinal, sebelum mengalahkan Thailand dan Jepang di semifinal dan final.

Prestasi Timnas Indonesia di AFC eAsian Cup 2023 berbanding terbalik dengan kiprah Timnas Indonesia di lapangan betulan. Tim Garuda justru kesulitan di Piala Asia, dengan terakhir bisa menjejak 16 besar di edisi 2023.

Meskipun harus gugur di babak 16 besar, kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 tetap harus diapresiasi, mengingat ini adalah salah satu pencapaian Timnas Indonesia di kompetisi antar negara di benua Asia ini.

Selamat Timnas Indonesia!

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya