Jerman Pulang Duluan, Jepang Lolos 16 Besar lewat Gol Kontroversi

Siapa yang liat gol kontroversi ini semalam?

Detik-detik Kaoru Mitoma memberikan umpan kepada Ao Tanaka dan menghasilkan gol kontrovesi kemenangan Tim Nasional Jepang (REUTERS/Jennifer Lorenzini)
Fri, 02 Dec 2022


Kemenangan Tim Nasional Jepang menuju babak 16 besar merupakan hal yang sangat mengejutkan, Kawula Muda. Sebagai salah satu wakil Asia, Jepang berhasil mengalahkan dua tim raksasa Eropa lewat permainan yang memberikan banyak kesan.

Bagaimana tidak, Jepang berhasil mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1 pada pertandingan penentu Grup E, Jumat (02/12/2022) dini hari tadi. Kemenangan ini juga memastikan bahwa Jerman tidak akan melaju ke babak 16 besar.

Faktanya, kepulangan Jerman yang dinilai terlalu cepat ini dihasilkan karena skor Jepang lebih unggul. Jepang berhasil memenangkan tiket menuju 16 besar dengan gol yang ramai diperbincangkan karena dinilai kontroversial semalam.

Pada pertandingan laga penentu kemarin, Spanyol sempat unggul di babak pertama lewat sundulan Alvaro Morata di menit ke-11. Memasuki babak kedua, Jepang mencoba bangkit dan menambah intensitas serangan dan berhasil mencetak skor pertama. 

Hanya berselang tiga menit dari gol tersebut, Jepang kembali membuat kejutan lewat gol yang diciptakan Ao Tanaka dari jarak dekat. Faktanya, gol inilah yang menjadi kontroversial. Pada awalnya, penonton mengira gol tersebut tidak terhitung karena bola diduga sudah keluar garis sebelum Kaoru Mitoma memberikan umpan dari sisi kiri. 

Namun, wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Hal ini berangkat dari Video Assistant Referee (VAR) yang menyatakan bahwa bola tetap aktif dan tidak terhitung keluar garis.

Bahkan, Ao sang pencetak gol juga tidak menyangka peluang emas yang ia gunakan tersebut mampu membawa Jepang meraih kemenangan.

"Dari sudut pandang saya, saya pikir bola jelas setengah kelar, tetapi lebih dari itu saya tidak bisa melihat karena kecepatannya," ujar Ao mengutip Japan Today, Jumat (02/12/2022).

Meski gol tersebut dikatakan sebagai gol yang kontroversial, keputusan wasit tetap bulat, Kawula Muda. Keputusannya adalah seluruh bola dianggap belum melewati garis, meski apa yang terlihat dalam tayangan ulang adalah hal sebaliknya.

VAR Ilustrasi bola masih dalam keadaan in play (Twitter/idnextratime)

 

Diketahui, dalam aturan Piala Dunia tahun ini, selama bagian bola terdeteksi menyentuh garis, walau sekecil apa pun akan dianggap belum keluar, Kawula Muda. Teknologi VAR yang sudah dikembangkan ini akan menghasilkan keputusan yang lebih cepat dan akurat tentang offside di lapangan.

Bekerja sebagai asisten wasit, teknologi VAR offside ini menggunakan 12 kamera yang dapat melacak 29 titik tubuh dari setiap pemain dan bola digunakan selama bertanding. 

Regulasi yang digunakan FIFA dalam teknologi VAR untuk menentukan bola offside (TWITTER)

Nantinya, dua asisten wasit utama akan menerima panggilan atau sinyal secara cepat jika ada seorang pemain yang tertangkap offside melalui jam tangan khusus yang digunakan.

Petugas VAR yang memantau layar rekaman pertandingan akan menayangkan rekaman ulang dalam waktu cepat dan menayangkan tayangan 3D untuk menambah masukan keputusan wasit dan membantu penonton memahami keputusan tersebut. 

Faktanya, sistem baru VAR Piala Dunia 2022 memungkinkan panggilan offside yang lebih cepat, yaitu dari 70 detik jadi 20 detik.

Kesimpulannya, gol Jepang tetap dianggap sah mengacu pada aturan VAR yang digunakan. Selamat untuk Timnas Jepang!

Berita Lainnya