Bali Mundur Sebagai Tuan Rumah World Beach Games 2023, Kendala Dana?

ANOC ungkap alasan Bali mundur sebagai tuan rumah

2nd ANOC World Beach Games Bali 2023 Logo (TWITTER/idectratime)
Wed, 05 Jul 2023

Kabar mengejutkan dari Bali yang mundur sebagai tuan rumah World Beach Games 2023 yang akan digelar pada 5-12 Agustus 2023 mendatang.

Keputusan yang dilakukan oleh Bali sangat mendadak dengan jarak waktu hanya 1 bulan dari tanggal ajang World Beach Games 2023 dilaksanakan. Berita mundurnya Bali sebagai tuan rumah diumumkan melalui situs resmi Association of National Olympic Committees (ANOC) pada hari Selasa (04/07/2023).


“Sangat mengejutkan dan sangat mengecewakan ANOC mengetahui bahwa Komite Olimpiade Indonesia (KOI) telah menarik diri dari komitmennya untuk menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games dan ANOC General Assembly pada Agustus 2023,” bunyi pernyataan dari ANOC.

Menurut keterangan, Bali mundur sebagai tuan rumah World Beach Games 2023 karena adanya masalah anggaran yang tidak turun dari pemerintah pusat.

Salah Satu Tim Beach Soccer Spain antusias World Beach Games Bali 2023 (INSTAGRAM/anocworldbeachgames))

 

ANOC sebagai organisasi yang membawahi Komite Olimpiade dari 206 negara yang akan berlaga di World Beach Games pun memastikan bahwa World Beach Games 2023 batal digelar akibat dampak batalnya Bali sebagai tuan rumah secara tiba-tiba.

ANOC menilai akan mustahil untuk mencari negara tuan rumah baru dengan jarak hanya satu bulan dari tanggal pelaksanaan ajang tersebut.

"Dengan jadwal turnamen yang menyisakan kurang dari satu bulan lagi, keputusan yang sangat mendadak ini membuat ANOC todak dapat mencari tuan rumah alternatif. Tidak ada pilihan lain selain membatalkan penyelenggaraan edisi pada tahun ini dan juga Sidang Umum ANOC," terang ANOC.

"Berhubung dengan Sidang Umum ANOC, keputusan akan diambil dalam beberapa minggu mendatang mengenai lokasi dan tanggal pelaksanaan baru," tambah organisasi tersebut.

Di samping itu, dilansir dari Kompas, ANOC tetap akan memprioritaskan untuk memastikan para atlet tetap mendapat dukungan dari Federasi Internasional dan kompensasi sebaik mungkin.

Berita Lainnya