4 Stadion Termasuk JIS Disepakati jadi Venue Piala Dunia U-17

Stadion apa saja? kenapa di pulau Jawa semua? simak penjelasannya!

Jakarta International Stadium atau JIS (INSTAGRAM/jakintstadium)
Tue, 08 Aug 2023

FIFA dan PSSI secara resmi telah menyepakati empat stadion yang akan digunakan dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 yang dilaksanakan pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Awalnya pertandingan Piala Dunia U-17 direncanakan akan menggunaka Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Namun, terjadi bentrokan dengan jadwal konser Coldplay yang akan terselenggara pada 19 November mendatang. 

Diketahui, PK Entertainment, pihak promotor konser Coldplay 2023 Jakarta itu, sudah terlebih dulu membuat pemakaian Stadion Gelora Bung Karno dari pra event sampai pasca event.

Selain itu, FIFA juga sudah melakukan inspeksi ke empat stadion pada akhir bulan Juli 2023 lalu, yang sudah berdasarkan rekomendasi dari PSSI, untuk mendapatkan evaluasi apa saja yang perlu diperbaiki agar dapat digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17.

Dilansir dari CNBC Indonesia, adapun keempat stadion yang telah di inspeksi dan disepakati oleh FIFA dan PSSI sebagai venue penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 sebagai berikut.

1. Jakarta International Stadium (JIS)

2. Stadion Si Jalak Harupat, Bandung

3. Stadion Manahan, Solo

4. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI juga menjelaskan alasan penggunaan stadion untuk Piala Dunia U-17 dilakukan di Pulau Jawa, dalam peresmian Indonesia Arena di Jakarta pada Senin (07/08/2023).

“Kenapa empat stadion? Karena kita memikirkan logistik juga, terbang ke sana terbang ke sini kan itu harus diperhitungkan juga,” ungkap Erick Thohir.

“Karena itu ada kesepakatan dengan FIFA, tapi yang akan mengumumkan FIFA ya bukan saya, bahwa nanti untuk di Jakarta ada dua grup, lalu di Bandung di Si Jalak Harupat dua grup, lalu di Surabaya satu grup dan Solo satu grup,” lanjut Erick Thohir.

Dari hasil inspeksi yang dilakukan FIFA itu, telah disepakati Jakarta dan Bandung akan menggelar pertandingan dua grup, sedangkan Solo dan Surabaya sebanyak masing-masing satu grup.

Dilansir dari CNN Indonesia, Erick dan pihaknya akan mengusulkan tim nasional yang akan bermain di Jakarta, lalu pembukaan di Jakarta, semifinal dan final akan dilakukan di Kota Solo.

Berita Lainnya