Luis Rubiales Minta Maaf Usai Cium Bibir Timnas Wanita Spanyol

Simak video permintaan maafnya!

Presiden FA Spanyol Cium Jennifer Hermoso di Podium Medali Piala Dunia Wanita 2023 (FIFA)
Tue, 22 Aug 2023

Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol atau Real Federación Española de Fútbol (RFEF), Luis Rubiales melakukan permintaan maaf atas tindakannya mencium bibir Jennifer Hermoso selaku pemain timnas wanita Spanyol saat penyerahan medali Piala Dunia Wanita 2023 di Sydney, Australia pada Minggu, (20/08/2023).

Dilansir dari Goal, kejadian tersebut terjadi usai Timnas wanita Spanyol memenangkan trofi piala dunia pertama mereka dalam pertandingannya melawan Inggris dengan skor 1-0.

Aksi ini tentu menuai banyak kecaman. Usai mendapatkan kecaman dari berbagai pihak tersebut, Luis Rubiales tak lama melakukan permintaan maaf atas tindakannya yang kontroversinya itu dalam sebuah video yang diunggah di ESPN pada Senin, (21/08/2023).

"Saya pasti melakukan kesalahan," ucap Luis Rubiales.

"Saya harus menerimanya. Pada saat emosi seperti itu, tanpa niat buruk atau iktikad buruk, apa yang terjadi, terjadi dengan cara yang sangat spontan. (Tidak ada) iktikad buruk dari kedua belah pihak," ungkap Rubiales.

Presiden FA Spanyol Cium Jennifer Hermoso di Podium Medali Piala Dunia Wanita 2023 (TWITTER/siaranbolalive)

 

"Di sini kami melihatnya sebagai sesuatu yang wajar dan normal. Namun, di luar, itu menimbulkan kegemparan karena orang-orang merasa sakit hati. Karena itu, saya harus meminta maaf, tidak ada pilihan lain," lanjut Rubiales.

Luis Rubiales juga mengomentari dirinya yang seharusnya bisa bertindak lebih hati-hati dalam berbagai momen perayaan dan mengambil pelajaran dari apa yang terjadi.

"Saya harus belajar dari kejadian ini dan memahami bahwa seorang presiden dari sebuah institusi sepenting federasi, terutama dalam perayaan, harus lebih berhati-hati," ucap Luis Rubiales.


Selain itu, dirinya juga telah menyesali bahwa apa yang telah dilakukannya memang sedikit mencoreng momen juara Timnas Spanyol di Piala Dunia Wanita 2023 itu.

"Jadi, saya ingin meminta maaf. Saya juga sedih karena ini adalah kesuksesan terbesar dalam sejarah sepak bola wanita kami, Piala Dunia kedua yang kami menangi, dan ini memengaruhi perayaan," ucap Luis Rubiales.

Permintaan maaf yang dilakukan oleh Luis Rubiales itu dirilis setelah Miquel Iceta selaku Menteri Kebudayaan dan Olahraga Spanyol ikut berkomentar dengan menyebutkan tindakan Rubiales tidak dapat diterima.

"Sepertinya saya tidak bisa menerimanya," ucap Iceta.

"Kita berada dalam momen kesetaraan, hak, dan rasa hormat terhadap wanita. Kita semua harus sangat berhati-hati dalam sikap dan tindakan kita. Saya pikir mencium bibir seorang pemain untuk memberi selamat kepadanya tidak dapat diterima," lanjut Iceta.

Diketahui, sebelumnya Luis Rubiales memegang bintang Spanyol, Jennifer Hermoso dan mencium tepat di bibirnya Jennifer lalu membicarakan sesuatu.

Jennifer Hermosa pun sempat membuka suaranya bahwa hal itu spontan dilakukan karena dalam euphoria perayaan kemenangan, meski begitu dirinya juga sempat tidak nyaman, Kawula Muda.

Berita Lainnya