Resmikan Sirkuit Internasional Mandalika, Presiden Jokowi Jajal Langsung Sirkuitnya

Jelang pentas WSBK 2021, Sirkuit Internasional Mandalika diresmikan oleh Presiden Jokowi yang mencoba langsung dengan motor customnya.

Presiden Jokowi coba langsung Sirkuit Internasional Mandalika. (Instagram/jokowi)
Fri, 12 Nov 2021

Sebelum gelaran WSBK 2021 diselenggarakan minggu depan, Presiden Joko Widodo mencoba terlebih dahulu Sirkuit Internasional Mandalika dalam rangkaian acara peresmian, Jumat (12/11).

Presiden Jokowi mengunjungi Sirkuit Mandalika, di Lombok, NTB pada Jumat (12/11). Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia serta Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia.

Jokowi pun menggeber motornya di lintasan balap level dunia tersebut. Orang nomor satu Indonesia itu, menjajal Sirkuit Mandalika menggunakan motor custom waena hijau garapan Katros Garage.

Melalui Instagram pribadinya, Presiden Jokowi memamerkan foto dirinya menjajal Sirkuit Mandalika. Presiden tampak sedikit tegang karena harus menghadapi banyak tikungan tajam.

"Sirkuit Mandalika sempat diguyur hujan hari ini, saya tetap turun dan menjajalnya dengan sepeda motor saya," tulisnya.

Jokowi mengaku, dirinya seperti dibuat kagum dengan trek lintasan standar internasional. Namun Jokowi yakin, pebalap top dunia pasti mampu menaklukkan Sirkuit Mandalika.

"Rupanya begini yang disebut sirkuit balapan itu. Tikungan-tikungannya tajam sekali. Ada 17 tikungan. Kalau untuk pembalap mungkin enggak ada masalah. Tapi saya?," tulisnya.

Sirkuit Mandalika sendiri memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer, dengan lebar 15 meter, dan dilengkapi 17 tikungan serta memiliki speed trap (gaya dorong pemicu pembalap untuk memaksimalkan kecepatan saat berlaga) yang cukup lebar dan tinggi. 

Trek ini dilengkapi dua service road, yaitu service road inner (panjang 3,8 kilometer dan lebar 14 meter) dan service road outer (panjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter), serta pit lane (panjang 835 meter dan lebar 14 meter).

Sirkuit Mandalika ini nantinya akan dipakai untuk ajang balapan World Superbike (WSBK) Mandalika pada 19-21 November 2021. Sirkuit ini juga masuk ke dalam kalender MotoGP, yang dikabarkan akan menjadi seri kedua MotoGP 2022.

Berita Lainnya