TWICE Rilis “SCIENTIST”, Salah Satu Lagu di Album “Formula of Love: O+T=<3” Justru Tak Lulus Sensor

Kawula Muda, lagu berjudul "ICON" dinilai tak layang tayang di tv.

TWICE, girlgroup K-Pop di bawah naungan JYP Entertainment. (TWITTER/TWICE)
Fri, 12 Nov 2021

TWICE akhirnya melakukan comeback dengan merilis album terbaru yang diberi judul “Formula Of Love: O+T=<3” pada Jumat (12/11/2021). Untuk full album ketiga mereka kali ini, TWICE memilih SCIENTIST untuk menjadi lagu utamanya.

Untuk video musiknya, TWICE mengusung konsep sweet dan ceria dengan penampilan mereka yang diubah seperti seorang ilmuwan cantik. Lagu SCIENTIST membawa pesan bahwa cinta berbeda dengan ilmu eksak sehingga tidak membutuhkan teori.

Lagu ini digubah oleh penyanyi kenamaan asal Inggris, Anne Marie yang bekerja sama dengan sejumlah 'hits makers' lain yatu Melanie Fontana, Michael 'Lindgren' Schulz, Tommy Brown, Steven Franks, dan 72.

Album terbaru TWICE ini memiliki total 17 lagu, termasuk lagu dari sub unit yang dibagi menjadi tiga kelompok. Jihyo, Sana, dan Dahyun menyanyikan lagu PUSH & PULL, Jeongyeon, Mina, dan Tzuyu untuk lagu berjudul 1,3,2, sedangkan Nayeon, Momo, dan Chaeyoung membawakan lagu berjudul HELLO.

TWICE juga memasukkan lagu berbahasa Inggris pertama mereka yang berjudul The Feels. Namun, untuk album ini lirik lagu The Feels dibawakan dengan lirik berbahasa Korea.  

Salah satu lagu di album “Formula Of Love: O+T=<3” tidak lulus sensor di KBS TV

TWICE, girlgroup K-Pop di bawah naungan JYP Entertainment. (TWITTER/TWICE)

 

Namun, dibalik comeback TWICE kali ini ada satu fakta yang mengejutkan, karena salah satu lagu di album tersebut justru tak lulus sensor untuk tayang di KBS TV. Lagu berjudul ICON dinilai oleh pihak stasiun televisi tidak layak untuk ditayangkan karena memiliki lirik lagu yang mengandung kata-kata umpatan dan vulgar.

Melansir dari AllKpop, di dalam lirik lagu tersebut terdapat kata "d*mn" yang merupakan kata makian dalam bahasa Inggris. Ini menjadi pertama kalinya lagu TWICE dilarang untuk dibawakan di layar televisi nasional.

Sebelumnya, sejumlah lagu K-Pop lain juga pernah dilarang untuk dibawakan di stasiun televisi nasional Korea karena tidak lulus sensor. Lagu tersebut antara lain Intro: Nevermind (BTS), Gentlemen (PSY), Fxxk It (BIGBANG), Lotto (EXO), serta Cherry Bomb (NT 127).

Korea Selatan memang dikenal sebagai salah satu negara yang menerapkan sistem penyensoran cukup ketat dalam program siarannya. Selain lirik lagu yang berkata kasar, stasiun televisi Korea juga sering kali melakukan sensor terhadap tato yang terlihat di tubuh para idol K-Pop.

Untuk menyiasati hal tersebut, biasanya para idol menutupi tato dengan menggunakan plester khusus. Karena jika tidak ditutupi, maka pihak stasiun televisi akan memburamkan gambar tato mereka.

Buat yang belum melihat penampilan TWICE di lagu SCIENTIST, simak langsung video musiknya di bawah ini ya!



Berita Lainnya