Senegal Lewati Laga Keras untuk ke Final Piala Afrika

Senegal melewati adangan Burkina Faso dalam laga yang berlangsung keras di Piala Afrika 2022.

Piala Afrika. (Twitter CAF)
Thu, 03 Feb 2022

Senegal memastikan tempatnya pada final Piala Afrika setelah mengalahkan Burkina Faso dengan skor 3-1. Pertemuan mereka menjadi pertandingan sengit yang penuh adu fisik dan mental dimana kedua tim mencoba untuk lolos ke laga puncak.

Laga berlangsung keras sejak peluit berbunyi, menyebabkan banyak pihak medis yang harus masuk ke dalam lapangan. Sadio Mane, penggawa Liverpool sempat memiliki peluang pada pertengahan laga, namun belum bisa menaklukkan kiper Burkina Faso, Herve Koffi.

Penyerang Liverpool itu dikawal ketat sehingga sulit baginya untuk menciptakan peluang. Pada pengujung babak pertama, terjadi kericuhan di area penalti Burkina Faso.

Koffi yang coba menghalau bola harus berbenturan dengan Cheikhou Koyate,  kejadian tersebut menyebabkan kedua pemain harus digotong ke luar lapangan.

Kouyate kembali ke lapangan, sedangkan posisi penjaga gawang Burkina Faso harus diganti dengan koleganya, Farid Quedrago. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-0.

25 menit setelah turun minum, Abdou Diallo memecah kebuntuan. Diallo berhasil memanfaatkan bola muntah dan mencatatakan nama di papan skor.

Enam menit berselang, Idrissa Gueye menggandakan skor setelah menerima umpan datar dari Mane. Tidak tinggal diam, Burkina Faso memperkecil ketinggalan melalui Ibrahima Toure pada menit ke-82.

Meski begitu, gol Mane pada menit ke-87 memastikan kemenangan Singa Teranga atas Burkina Faso. Kemenangan ini membawa mereka maju ke final Piala Afrika untuk kedua kalinya pada dua tahun terakhir. 

Singa Teranga menanti siapa pun yang menang pada pertandingan semifinal lain. Mesir dan Kamerun memperebutkan satu tiket terakhir ke partai pamungkas.

    Berita Lainnya