Shin Tae-yong Berhasil Naikkan Ranking FIFA Timnas Indonesia!

Timnas Indonesia semakin berkembang di bawah arahan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong (Dok. PSSI)
Wed, 15 Jun 2022


Euforia kemenangan telak Timnas Indonesia melawan Nepal masih terasa, pujian terus dilontarkan oleh punggawa merah putih, tak terkecuali sang pelatih Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong sejatinya sudah menjabat sebagai pelatih tim senior pada Desember 2019 lalu. Namun, karena pandemi Covid-19, Shin Tae-yong baru benar-benar memimpin Timnas Indonesia senior di laga resmi pada Juni 2021.

Shin terus menunjukkan kualitasnya sebagai pelatih jempolan, dengan membawa kualitas permainan timnas menjadi lebih baik. Sehingga berkali-kali Timnas Indonesia mencapai prestasi yang sebelumnya sulit dilakukan. Yang terbaru timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023, setelah terakhir bermain sekitar 15 tahun yang lalu, atau lebih tepatnya 2007 silam.

Pemain Timnas Indonesia (ANTARA FOTO/HUMAS PSSI)

Selain itu, menurut Footy Rankings, kemenangan Indonesia atas Nepal membuat Indonesia mendapat tambahan 11,31 poin. Hal tersebut membuat pasukan merah putih naik peringkat FIFA ke posisi 155. Sebelumnya, di tahun 2021 lalu, Indonesia pernah berada di posisi 175.

Sebelumnya, Timnas Indonesia juga sempat mengalahkan sang tuan rumah Kuwait dengan skor tipis 2-1. Kemenangan tersebut merupakan kejadian yang cukup langkah, sebab Timnas Indonesia punya catatan yang kurang baik jika harus berhadapan dengan tim asal Timur Tengah.

Banyak pecinta sepak bola Indonesia yang beranggapan bahwa pemilihan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia adalah keputusan yang tepat. PSSI seharusnya bisa melihat hal ini sebagai sebuah perkembangan yang baik, serta tidak boleh berharap instan dari proses yang telah dilalui Shin Tae-yong.

Berita Lainnya