Tanggal Baru Gelaran FIBA Asia Cup 2022 Diumumkan, Indonesia Harapkan Kebangkitan Basket Nasional

Indonesia menjadi tuan rumah gelaran FIBA Asian Cup yang akan dilaksanakan tahun 2022 mendatang.

FIBA Asia Cup Indonesia 2022. (situs FIBA)
Wed, 24 Nov 2021

Gelaran FIBA Asia Cup 2022 resmi digelar pada 12-24 Juli mendatang. Kantor FIBA Regional Asia dan Federasi Bola Basket Indonesia (Perbasi) akhirnya meresmikan tanggal gelaran setelah sebelumnya turnamen ini sempat dijadwalkan ulang akibat pandemi COVID-19.

FIBA Asia Cup 2022 akan digelar di Jakarta, Indonesia, dan akan diikuti 16 tim yang sudah lolos Kualifikasi FIBA Asia Cup. Gelaran kali ini menjadi yang kedua bagi Indonesia setelah sebelumnya sempat menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup di tahun 1993.

Indonesia sebagai tuan rumah FIBA Asia Cup 2022 mendapatkan slot otomatis di gelaran final. Sementara 15 tim lain adalah juara bertahan Australia, Bahrain, Tiongkok, Taipei, India, Iran, Jepang, Yordania, Kazakhstan, Korea Selatan, Lebanon, Selandia Baru, Filipina, Arab Saudi, Suriah.

Ketua Panitia Pelaksana Jakarta FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah menyambut baik pengumuman dari FIBA Asia ini. Ia mengatakan, Indonesia yang menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup ini diharapkan jadi momentum kebangkitan bola basket nasional.

“Meski sempat ada penundaan FIBA Asia Cup dari Agustus ke tahun depan, FIBA sudah menentukan tanggal untuk tahun depan sehingga dipastikan event basket terbesar di Asia ini akan terselenggara. Ini bisa menjadi tonggak kebangkitan bola basket nasional kembali,” kata Junas. 

Ia mengatakan, kepesertaan tim nasional basket putra Indonesia sudah dimulai dengan mengikuti FIBA qualifier untuk FIBA World Cup 2023. Kemudian, di level nasional, bola basket menjadi olahraga pertama yang memulai kompetisi dengan protokol kesehatan ketat pada masa pandemi.

“Tanggal 8 Desember Insya Allah akan dilaksanakan drawing yang bisa kita mulai manfaatkan sebagai momentum kebangkitan bola basket kita."

"Mudah-mudahan tahun 2022 dan 2023 situasi semakin membaik sehingga basket menjadi olahraga yang semakin bangkit lagi dari sebelumnya,” kata pria yang juga menjabat sebagai Direktur Indonesian Basketball League (IBL).

Sementara untuk penentuan slot pertandingan FIBA Asia Cup 2022 nantinya akan diundi pada Rabu, 8 Desember 2021.

Berita Lainnya