Apple Perkenalkan Kain Lap Seharga Rp269 Ribu, Apa Bedanya dengan Kain Microfiber Biasa?

Kawula Muda, tertarik beli Polishing Cloth ini, enggak?

Apple Polishing Cloth. (Dok. APPLE)
Mon, 25 Oct 2021

Kawula Muda, perusahaan teknologi bergengsi di Amerika Serikat, Apple, kian berinovasi menghadirkan gawai yang canggih dan berguna. Namun, pada acara Apple "Unleashed" 19 Oktober lalu, Apple memperkenalkan kain microfiber bernama "Polishing Cloth".

Kain tersebut berguna untuk membersihkan layar berbagai macam produk Apple seperti iPhone, MacBook, iPad, Apple Watch, iPod, hingga Pro Display XDR.

Pun Apple juga menjabarkan berbagai macam seri masing-masing produk—yang bisa menggunakan Polishing Cloth—mulai dari iPhone SE generasi pertama hingga iPhone 13.

Tak banyak menjelaskan materialnya, Apple hanya menulis Polishing Cloth, "Made with soft, nonabrasive material, the Polishing Cloth cleans any Apple display, including nano-texture glass, safely and effectively."

Jika diterjemahkan, kain microfiber itu terbuat dari bahan nonabrasif yang lembut. Polishing Cloth bisa digunakan untuk membersihkan seluruh permukaan Apple, termasuk kaca dengan tekstur nano—secara aman dan efektif.

Melansir suara.com, rupanya Apple juga pernah memberi sebuah kain lap khusus pembersih layar untuk setiap pembelian Display XDR. Pro Display XDR sendiri diketahui mulai dikenalkan pada 2019 lalu, dengan harga 6.000 USD atau setara dengan Rp84,4 jutaan.

Tentunya kehadiran Polishing Cloth seharga 19 USD atau Rp269 ribu itu membuat banyak orang bertanya-tanya, apa kelebihan dari Polishing Cloth selain menyematkan logo Apple di sudut kanan bawah.

Salah seorang YouTuber Amerika, Sam Kohl, yang kerap memberikan bocoran hingga me-review produk Apple pun membahas perbedaan kain microfiber biasa dengan Polishing Cloth

Melalui akun YouTube-nya, iupdate, ia mendapat kesimpulan bahwa kain microfiber biasa dan Polishing Cloth memberikan hasil yang tak jauh berbeda.

Namun, perbedaan itu terlihat signifikan ketika ia menambahkan cairan pembersih layar. Terlihat bahwa kain microfiber biasa tidak menyerap cairan tersebut dengan baik, sehingga masih tersisa debu-debu pada layar. Sementara, Polishing Cloth membuat layar terlihat seperti baru.

Kawula Muda, menurut kamu worth to buy enggak, nih?

Berita Lainnya