Dokter Mata Sebut Periksa Mata Pasien Pakai iPhone 13 Pro Max Beri Hasil Memuaskan, Kok Bisa?

Kawula Muda, mantep banget nih kamera iPhone 13 Pro!

iPhone 13 Pro Max. (Dok. GSMARENA)
Tue, 12 Oct 2021

Kawula Muda, hadirnya iPhone 13 sewajarnya telah menarik perhatian setiap masyarakat pencinta produk Apple. Namun, tentu saja seseorang kerap kali membutuhkan alasan yang konkrit untuk membeli produk terbaru Apple.

Dengan segala peningkatan yang ada dalam iPhone 13, rupanya ada salah satu teknologi penting yang harus kita telusuri lebih lanjut, yakni kamera makro.

Pada iPhone 13 Pro, terdapat mode baru bernama Macro untuk memotret foto dan merekam video secara close-up. 

Sudah menjadi hal yang biasa jika seseorang menggunakan kamera makro untuk mengabadikan alam. Namun, salah seorang dokter bernama Tommy Korn malahan menemukan kamera iPhone 13 Pro Max bisa digunakan untuk perawatan mata.

Melalui media sosial LinkedIndokter mata tersebut membagikan cerita bagaimana kamera smartphone-nya itu berperan penting dalam tugasnya untuk mengecek mata pasien.

Dokter mata gunakan mode Macro pada iPhone 13 Pro Max. (Dok. TOMMY KORN)

 

"Saya sedang menggunakan iPhone 13 Pro Max untuk foto mata makro dalam seminggu ini. Terkesan. Akan menginovasi perawatan mata pasien dan telemedicine kedepannya untuk tahu seberapa hebatnya teknologi ini. Foto-foto dari penyembuhan abrasi yang hilang dalam transplantasi kornea. Saya telah mendapat izin untuk menggunakan foto. PS: "Kamera Pro" ini juga menggunakan aplikasi tambahan!" tulis Korn. 

Sementara itu, Korn mengatakan kepada PetaPixel bahwa dirinya merasa sangat terbantu dengan hadirnya iPhone 13 Pro Max. Mengingat, selama ini dokter mata yang berspesialisasi dalam operasi mata katarak dan transplantasi kornea itu menggunakan kamera profesional yang cukup besar.

“Saya dulu menggunakan Nikon D800 dengan lensa makro 105mm f/2.8,” katanya. “Saya akan mengambil gambar mata pasien menggunakan kamera itu dan kemudian saya harus mengeluarkan kartu itu, mengunggahnya, dan memasukkannya ke dalam catatan komputer saya. Ada banyak titik friction."

Melansir 9to5Mac, Apple sebenarnya tidak menambahkan lensa baru untuk mode potret Macro. Namun, mereka telah meningkatkan lensa ultra-wide pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max dengan bukaan yang lebih besar yakni f/1.8 serta 120 derajat tampilan yang mampu memotret Macro dengan jarak 2 sentimeter.

Jadi pengen beli, enggak, Kawula Muda?

Berita Lainnya