Fitur-fitur Media Sosial yang Saling Tiru, Ada Instagram seperti TikTok

Fitur apa yang paling lo suka?

Ilustrasi beranda pada aplikasi Instagram. (CNET)
Wed, 27 Jul 2022


Setiap media sosial bersaing dengan kompetitor lain untuk membuat tampilan menarik demi memanjakan penggunanya. Seperti Instagram, TikTok, Snapchat, dan lainnya.

Dalam persaingan itu, pasti ada kekurangan dan kelebihan di tiap masing-masing media. Namun, tidak sedikit pula yang membuat fitur menyerupai dengan platform lain.

Ini dia daftar fitur-fitur media sosial besar yang serupa dengan aplikasi lain:

1. Instagram rasa TikTok

Fitur baru Instagram kini sedang disorot oleh penggunanya. Pasalnya, media sosial ini ingin memfokuskan pada konten-konten video, seperti yang utarakan sama CEO Instagram, Adam Mosseri.

Di laman Home, pengguna dapat melihat rekomendasi video yang dilogaritmakan oleh Instagram. Inilah kenapa fitur tersebut dianggap sama seperti TikTok.

2. Filter Snapchat di Instagram

Sebelumnya, Instagram juga meniru fitur-fitur yang dimiliki oleh Snapchat, seperti Instagram Stories. Melansir dari Hinet, Rabu (27/07/2022) adanya fitur ini membuat banyak orang mengunduh media sosial Instagram.

3. Face filter

Kemudian, Instagram membuat face filter, di mana bagian wajah seorang bisa menggunakan bermacam filter yang lucu seperti make up, atau binatang serta kartun yang lucu.

Selain filter untuk foto, video, dan boomerang juga bisa lo nikmati di Instagram.

4. Fitur polling

Kalau Kawula Muda ingat, Instagram bukanlah media sosial pertama yang membuat fitur Polling. Sebelumnya, ada Snapchat yang membuat fitur tersebut lebih dulu.

Pengguna Instagram, kini bisa pakai fitur itu di akunnya. Begitu juga dengan fitur polling di Twitter.

5. Live streaming

Sebelum Instagram, Facebook telah lebih dulu memiliki fitur Live. Pada akhirnya, Instagram mengikuti dan meluncurkan fitur tersebut. Begitu juga dengan TikTok yang mengeluarkan fitur live.

6. Story

Fitur Story yang menghilang otomatis dalam 24 jam berawal dari Snapchat, kemudian diadaptasi oleh Instagram dengan Instagram story atau biasa juga disebut snap-gram. Fitur story yang menghilang dalam 24 jam ini pernah juga dicoba oleh Twitter dengan nama Fleet. Kini, Fleet sudah tak lagi digunakan di Twitter, salah satunya karena banyak kritik dari pengguna.

Berita Lainnya