Grab Uji Coba Opsi “Quiet Ride” untuk Penumpang yang Malas Ngobrol

Lumayan nih biar gak awkward

Ilustrasi menaiki taxi online Grab (unsplash/paul Hanaoka)
Fri, 21 Oct 2022


Warga Malaysia ternyata lebih memilih ketenangan dan kesunyian ketika menaiki Grab. Beruntung, Grab diketahui telah menyediakan opsi “Quiet Ride” di Malaysia. Opsi ini diadakan oleh Grab untuk mengurangi interaksi antara driver dengan penumpang.

Sebagai pengguna layanan taksi atau ojek online seperti Grab, kita pasti pernah menghindari percakapan dengan pengemudi ketika sedang dalam perjalanan. Tidak berbeda dengan kebanyakan warga Malaysia, mereka juga lebih memilih untuk menghindari interaksi dengan pengemudi. Alasan inilah yang kemudian menjadikan Grab menyediakan opsi “Quiet Ride”.

Grab telah menguji coba opsi “Quiet Ride” ini sejak 7 Oktober 2022 lalu. Opsi ini disediakan untuk para pengguna Grab pada fitur pemesanan mereka. Meski begitu, opsi ini bukan berarti meniadakan sama sekali interaksi antara pengemudi dengan penumpang, melainkan hanya meminimalisir perbincangan tidak penting antara pengemudi dan penumpang. Perbincangan antara penumpang dan pengemudi seperti menanyakan soal rute perjalanan, penyetelan AC, penyetelan musik, dan fasilitas lain masih bisa diobrolkan kok, Kawula Muda.

Untuk bisa menggunakan opsi ini pengguna hanya perlu menekan opsi pesan otomatis pada GrabChat dengan memilih “Quiet Ride” setelah melakukan pemesanan. Opsi ini nantinya akan menginstruksikan pengendara Grab agar meminimalisir ajakan interaksi dengan pengguna layanan Grab kecuali menyangkut dengan rute perjalanan dan fasilitas serta hal-hal penting lain dalam perjalanan.

Seorang pengguna Grab, membagikan tangkapan layar dari fitur ini di aplikasi Grab melalui sebuah forum di internet, Lowyat.net. Pada tangkapan layar tersebut menunjukkan pesan dari Grab terhadap pengguna akan adanya opsi ini dan tujuan dari opsi tersebut. Grab juga menjelaskan apa itu opsi “Quiet Ride”. Grab juga menyediakan training kepada pengguna yang ingin menggunakan opsi ini.

Ilustrasi Tampilan Pemberitahuan Fitur Baru "Quiet Ride" dari Grab (Lowyat.net)

 

Uji coba ini telah dilakukan di beberapa wilayah di Malaysia seperti Ipoh, Johor Bahru, Kota Kinabalu, Kuching, Melaka, Klang Valley, dan Penang. Selain di Malaysia, uji coba dari opsi ini juga dilakukan di Filipina dan Vietnam. Sebelumnya Grab juga pernah melakukan uji coba opsi ini pada bulan April lalu.

Seandainya opsi “Quiet Ride” ini juga tersedia di Indonesia, kira-kira lo akan ikutan coba juga gak nih, Kawula Muda?

Berita Lainnya