Instagram akan Meluncurkan Fitur Close Friends di Feed Utama

Untuk apa?

Instagram Fitur Close Friends (KOLASE PRAMBORS)
Mon, 11 Sep 2023

Media sosial Instagram dikabarkan akan merilis fitur Close Friends dalam feed, di mana pengguna Instagram akan bisa mengunggah konten foto atau video dan hanya bisa dibagikan dan dilihat hingga like dan komen oleh orang-orang di dalam grup Close Friends.

Sebelumnya fitur Close Friends ini hanya bisa digunakan untuk berbagi konten stories ke teman dekat saja.

Namun, dilansir dari Detikinet, saat ini pihak Instagram sedang melakukan uji coba fitur Close Friends untuk feed utama.

Mengenal personalitas seseorang lewat unggahan di media sosial (DESTY PAGE)

 

Diketahui, dalam beberapa hari terakhir ini, sejumlah pengguna Instagram telah melaporkan bahwa mereka melihat opsi fitur Close Friends tersebut, saat hendak membagikan konten ke feed.

Melansir dari akun media sosial Haberman, @liahaberman menyebutkan bahwa pengguna Instagram dapat memilih siapa yang bisa melihat konten dalam feed-nya dengan memilih pada opsi 'Audiens", sehingga unggahan dalam feed hanya bisa dilihat oleh orang tertentu dalam grup Close Friends.

"Datang ke Instagram, Postingan feed Teman Dekat. Itu telah ditemukan oleh seseorang yang memposting di Inggris," tulis Haberman.

"Ini akan menjadi salah satu cara untuk membuat orang-orang keluar dari Stories dan keluar dari DM — ciptakan pengalaman umpan Teman Dekat," lanjut Haberman.

Dilansir juga dari Insider, juru bicara perusahaan META juga telah mengkonfirmasi hal tersebut, bahwa saat ini Instagram tengah melakukan uji coba pada fitur ini di beberapa negara, namun juru bicara tidak menyebutkan negara mana saja yang turut dalam uji coba tersebut.

"Kami sedang menguji opsi bagi orang-orang di negara tertentu untuk membagikan unggahan feed dengan Close Friends mereka," Keterangan juru bicara Meta.

"Kami selalu mencari cara baru bagi komunitas kami untuk mengekspresikan diri dan terhubung di Instagram," lanjut juru bicara Meta.

Dkietahui, Instagram melakukan uji coba pada fitur Close Friends untuk feed utama bermuka ketika banyaknya pengguna Instagram yang mengeluhkan aplikasi berbagi foto menjadi tidak personal, dikarenakan feed hanya diatur oleh algoritma.

Instagram uji coba feed close friend di feed (TWITTER/liahaberman)

 

Maka dari itu, Instagram merilis feed Following yang memungkinkan pengguna dapat melihat konten hanya berasal dari akun yang diikuti dan disusun secara kronologis, sehingga dengan fitur Close Friends di feed itu, memungkinkan penggunanya bisa mengatur level privasi unggahannya tanpa harus membuat akunnya menjadi pribadi atau harus membuat second account khusus teman dekat saja.

Berita Lainnya