Cara Bikin Akun Threads, Aplikasi Baru Instagram yang Mirip Twitter

Let's join the hype, Kawula Muda!

Threads Instagram ramai dibicarakan dan sudah bisa digunakan di Indonesia, bagaimana cara buat akun? (INSTAGRAM)
Thu, 06 Jul 2023

Perusahaan induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram, META, meluncurkan aplikasi baru yang dikabarkan mirip dengan aplikasi Twitter, yakni Threads Instagram.

Aplikasi Threads Instagram sendiri sudah dapat digunakan di Indonesia mulai hari ini, Kamis (06/07/2023).

CEO Meta, Mark Zuckerberg sendiri sudah membuat pernyataan resmi tentang perilisan aplikasi terbarunya ini, Kawula Muda.

"Threads sudah di sini. Selamat datang di Threads," kata Zuckerberg melalui unggahan Instagramnya, Kamis (6/7/2023).

"Threads merupakan ruang terbuka umum dan bersahabat untuk bercakap-cakap," tambahnya.

Melalui pantauan Prambors, saat ini sudah terdapat sekitar 7 juta lebih warganet yang mendaftarkan diri menggunakan aplikasi Threads Instagram, Kawula Muda.

Lantas, bagaimana cara membuat akun Threads dan menggunakan aplikasinya?

Cara Membuat Akun Threads, Harus Punya Instagram

Tampilan Threads Instagram yang ramai digunakan warganet Indonesia saat ini (INSTAGRAM)

Sebelumnya, lo harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Threads yang kini sudah tersedia di App Store atau Play Store, Kawula Muda.

Setelah mengunduh, pengguna harus menggunakan akun Instagram jika sudah punya. Jika tidak punya akun Instagram, lo harus membuat akun Instagramnya terlebih dahulu, ya.

Sebagai catatan, jika pengguna memiliki lebih dari satu akun dan semuanya terdaftar di Instagram, sistem Threads secara otomatis akan menawarkan akun mana yang ingin didaftarkan di Threads.

Menariknya, karena terhubung dengan Instagram, semua data pengguna sudah tersimpan, loh. Hal ini membuat data yang lo gunakan di Instagram akan terintegrasi di dalam Threads.

Meski begitu, akun-akun yang sudah lo ikuti di Instagram tidak serta merta akan otomatis menjadi followers atau following lo, Kawula Muda. Dalam aplikasi Threads, lo harus mem-follow secara manual atau bisa secara otomatis memindahkan following di Instagram lo dengan persetujuan pengguna.

Singkatnya, begini cara membuat akun Threads Instagram:

1. Unduh aplikasi Threads Instagram di App Store atau Play Store

2. Login dengan akun Instagram yang lo punya, jika belum punya akun Instagram, lo harus membuat akun Instagram terlebih dahulu

3. Periksa kelengkapan profil Threads yang terhubung dengan Instagram, lo bisa klik ‘import from Instagram’ atau membuat bio dan lainnya secara manual

4. Klik ‘Next’

5. Welcome to Threads Instagram!

6. Akan muncul nama-nama akun di daftar following Instagram lo yang ditawarkan oleh pihak Threads untuk bisa pengguna follow juga di Threads secara otomatis. Atau lo bisa lakukan secara manual

Selain itu, lo juga dapat mengatur privasi akun Threads lo menjadi public atau private, loh.

Cara Menggunakan Threads Instagram

Begini cara menggunakan Threads Instagram yang mirip dengan Twitter (INSTAGRAM)

Saat sudah memiliki akun Threads, lo bisa melihat tampilan aplikasi yang ‘clean’ dan sederhana, Kawula Muda.

Ikon dan fitur di Threads

Di bagian bawah timeline Threads, terdapat ikon home, search atau pencarian, ruang untuk membuat unggahan baru, ikon hati untuk melihat notifikasi yang masuk ke akun pengguna, serta ikon orang yang memungkinkan pengguna melihat profilnya.

Saat pengguna mengeklik ikon hati atau love di bagian bawah, akan muncul kolom notifikasi, mulai dari akun yang meminta untuk mengikuti akun kita, balasan unggahan, dan mention yang akan masuk saat ada pengguna lain yang menyebut username kita.

Cara membuat, membalas, dan membagikan Threads

Saat melihat unggahan orang lain atau membuat unggahan sendiri, terdapat ikon hati atau like, komentar, unggah kembali (repost), dan membagikan unggahan, baik ke Instagram Story atau Feed, Kawula Muda. 

Fitur ini memungkinkan pengguna lain untuk menyukai unggahan Threads orang lain, membalasnya, mengunggah ulang, dan membagikannya.

Tidak hanya itu, unggahan di Threads juga memungkinkan untuk disalin tautannya dan dibagikan ke platform lain.

Dalam Threads, pengguna bisa mengunggah foto. Pengguna lain bisa mengomentari atau menyukai foto tersebut. Pengguna juga diizinkan untuk menutup kolom komentar.

Threads juga menampilkan berapa banyak pengguna yang sudah membalas sebuah unggahan dan berapa banyak tanda likes yang sudah diterima.

Handles Threads

Salah satu fakta menarik yang harus lo tahu nih, Kawula Muda. Jika lo sudah menghubungkan akun Threads dengan Instagram lo, akan terlihat format handles (username) dari Threads di bio Instagram lo.

Handles sendiri merupakan username dengan format huruf, simbol, atau angka. Threads sendiri memiliki handles berupa angka, seperti @2345678. Angka tersebut diperkirakan sebagai nomor urutan akun Instagram seseorang yang telah terhubung dengan Threads.

Kawula Muda sendiri, sudah membuat akun Threads, belum? Yuk, cobain. Seru juga, loh!

Berita Lainnya