Instagram Berbayar Telah Hadir di iOS, Berlangganan mulai Rp 14.000!

Kawula Muda, ada yang tertarik buat langganan enggak nih?

Ilustrasi Instagram. (PEXELS)
Wed, 10 Nov 2021

Beberapa waktu lalu, netizen dihebohkan dengan kabar Instagram yang akan membuat fitur terbaru di mana followers (pengikut) dapat melakukan berlangganan berbayar (paid subscriptions) terhadap kreator tertentu. 

Sekarang, Instagram tengah memulai uji coba fitur tersebut. 

Melansir dari Apptopia dan Sensor Tower, fitur terbaru dari Instagram tersebut telah hadir di iOS.

Di App Store, aplikasi Instagram telah memperbarui deskripsi aplikasinya dengan menambahkan in app purchases atau pembelian dalam aplikasi dengan nama “Instagram Subscriptions” atau “Berlangganan Instagram”.

Harga yang dibanderol untuk dapat berlangganan Instagram dimulai dari 0.99 dolar AS atau sekitar Rp 14.000, hingga 4,99 dolar AS atau sekitar Rp 71.000, merangkum dari Tech Crunch, Selasa (9/10/2021). 

Tangkapan layar rincian harga berlangganan kreator Instagram. (TECH CRUNCH)

Fitur langganan Instagram ini baru tersedia untuk pengguna iOS di wilayah Amerika Serikat dan Inggris. 

Menurut Sensor Tower, Instagram Subscriptions telah ditambahkan ke App Store Amerika Serikat sejak 1 November 2021, kemudian pada 3 November, Instagram menambahkan daftar harga terendah. 

Pada awalnya, Instagram hanya menyediakan beberapa opsi untuk Instagram Badges yakni item virtual yang dapat dibeli oleh followers sebagai bentuk dukungan bagi kreator favoritnya saat sedang melakukan siaran langsung. 

Uji coba untuk Instagram Subscriptions ini masih sangat terbatas sehingga pengguna yang akan mendapat opsi untuk berlangganan dari para kreator masih sangat sedikit. 

Sebelumnya, seorang Reverse Engineer bernama Alessandro Paluzzi pernah membocorkan bahwa Instagram juga sedang menyiapkan fitur Exclusive Stories. Nantinya, hanya followers yang berlangganan yang dapat melihat story tersebut. 

Exclusive Stories juga tidak akan bisa di screenshot. Akan tetapi, pengguna yang baru berlangganan masih tetap bisa melihat story sebelumnya, karena akan masuk ke dalam Sorotan di profile Instagram. 

Tidak hanya itu, pengguna yang berlangganan juga akan mendapatkan lencana khusus member dan dapat mengakses video eksklusif. 

Fitur-fitur terbaru ini disiapkan oleh Instagram sebagai upaya membantu para kreator untuk mendapat pundi-pundi.

Hingga saat ini, Instagram belum mengumumkan secara resmi fitur-fitur berlangganan yang masuk dalam tahap uji coba.

Namun pada Juni lalu di acara Creator Week, CEO Instagram, Adam Mosseri mengungkapkan strategi monetisasi di platofrmnya. 

Mosseri mengungkap 3 poin yakni layanan jual-beli, termasuk konten bermerek, dan merchandise. 

Poin berikutnya adalah membagi hasil pendapatan dari iklan, dan yang terakhir yaitu produk pembayaran, seperti tip dan lencana serta konten eksklusif atau berlangganan.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya