Instagram Rilis Beberapa Fitur Baru, Salah Satunya Bisa Posting Lewat PC!

Akhirnya sekarang bisa ya, Kawula Muda!

Ilustrasi Instagram di laptop (PIXABAY)
Thu, 21 Oct 2021

Setelah 11 tahun berkiprah di dunia media sosial, kini Instagram memberikan fasilitas baru bagi penggunanya yang berbasis di PC, laptop, dan Mac, agar bisa posting atau mengunggah konten ewat website/ browser.

Caranya juga mudah dan mirip dengan cara mengunggah konten melalui smartphone:

  • Klik ikon "+" baru di bagian kanan atas dekat ikon Messenger
  • Foto bisa dimasukkan dengan drag foto/video di kotak yang muncul, atau tekan tombol "Select from computer".
  • Pilih ukuran atau format foto yang diinginkan
  • Pilih filter atau mengedit foto terlebih dulu sebelum diunggah
  • Tambahkan keterangan foto, lokasi, dan keterangan lain
  • Pilih "Bagikan"

Sebelumnya, pengguna hanya bisa mengunggah konten di Instagram melalui smartphone. Instagram yang diakses melalui browser hanya digunakan sebagai wadah untuk melihat timeline, Instagram Story, hingga membalas Direct Message saja.

Selain mengunggah konten lewat browser, VP dan Head of Metaverse Facebook Vishal Shah menyampaikan fitur bernama “Collab”.

Melalui fitur ini, pengguna Instagram dapat mengajak rekannya untuk ‘berkolaborasi’ dalam sebuah konten, baik unggahan di timeline ataupun reels. Jika sang rekan menyetujui, maka unggahan tersebut akan dibagikan kepada followers dari kedua orang tersebut.

Dengan fitur “Collab”, unggahan tersebut akan ada di kedua profile pemilik konten. Nantinya, unggahan tersebut juga memperlihatkan jumlah views, like, serta comment yang merupakan akumulasi dari kedua akun.

Instagram juga diketahui akan merilis satu fitur baru bernama “Fundraiser” yang akan diletakkan di kolom (+) ketika pengguna ingin mengunggah foto juga. Fitur ini ditemukan oleh Alessandro Paluzzi pada September lalu.

Untuk ketersediaan fiturnya, "Collab" akan dihadirkan pada minggu ini. Untuk fitur pemberian donasi akan tersedia pada 20 Oktober, dan fitur unggah konten melalui PC, laptop, dan Mac akan bisa digunakan per 21 Oktober ini.

Berita Lainnya