iPhone di Eropa akan Diwajibkan Pakai USB Type-C, Indonesia Juga?

Hape lo pake port apa buat ngisi dayanya, Kawula Muda?

Ilustrasi pengisian daya (UNSPLASH/Andreas Haslinger)
Thu, 16 Jun 2022


Pada 2024 mendatang, seluruh ponsel yang dijual di Eropa harus menggunakan port USB Type-C untuk pengisian daya. Aturan tersebut pun turut berlaku untuk iPhone, yang harus segera menanggalkan port Lightning.

Sebelumnya, Komisi Uni Eropa telah menyetujui Undang-Undang yang mewajibkan seluruh merek gadget di Eropa untuk menggunakan port USB-C. Adapun perangkat elektronik yang dimaksud adalah smartphone, tablet, earbuds, dan speaker portable. 

Berdasarkan keterangan resmi Parlemen Eropa, aturan tersebut akan berlaku efektif sekitar Juli hingga September 2024. Setelahnya, apabila tidak menggunakan port USB-C, maka gadget tersebut tidak boleh dijual di wilayah Eropa, Kawula Muda! 

Kemasan iPhone 12 tidak menyertakan kepala charger ke dalam kemasan dan menggunakan kabel pengisian daya USB-C dan lightning (UNSPLASH/Omid Armin)

 

Apple Pernah Langgar Aturan

Sebelumnya, pada 2009 silam, Apple sebenarnya telah menandatangani nota kesepahaman untuk memakai standar charger berbasis micro USB di Eropa. 

Akan tetapi, Apple tidak menerapkan kesepahaman tersebut. Buktinya, hingga 2012 lalu hingga saat ini, Apple tetap menggunakan port lightning untuk mengisi daya baterai. 

Karena itulah, kali ini undang-undang terbaru tersebut tidak akan memberikan kelonggaran kembali, untuk merek apa pun. "Aturan ini akan berlaku untuk semua pihak. Sekarang tidak ada lagi nota kesepahaman MoU yang bisa memberikan kelonggaran, seperti kepada Apple, selama 10 tahun terakhir. Jadi ya, Apple harus mematuhinya," kata Anggota Parlemen Uni Eropa, Malta Alex Agius Saliba, dikutip dari Kompas, Kamis (16/06/2022).

Kapan Aturan Tersebut Mulai Berjalan?

Analis kenamaan Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa iPhone yang dirilis ada paruh kedua 2023 akan mulai beralih ke USB-C. Namun, belum diketahui apakah iPhone 14 atau bahkan 15 yang akan memulai inovasi tersebut. 

Sementara itu, untuk pengguna iPhone generasi sebelumnya tidak akan terdampak regulasi terbaru tersebut, ya Kawula Muda!

Bagaimana dengan Indonesia?

Hingga saat ini, aturan tersebut memang hanya mengikat di wilayah Eropa. Namun, bukan tidak mungkin iPhone akan memasang port USB-C di seluruh ponselnya dalam ranah global. Walau begitu, belum ada konfirmasi resmi dari Apple mengenai hal tersebut, ya Kawula Muda!

Berita Lainnya