Apple akan Rilis iOS 16, Apa Saja Fitur Barunya?

iOSnya udah update, masa hp lo belom, Kawula Muda??

Ilustrasi iOS 16 (APPLE)
Tue, 07 Jun 2022


Pada Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022, Apple memperkenalkan iOS 16 yang akan segera dirilis. 

“iOS 16 adalah rilisan besar dengan pembaruan yang akan mengubah cara Anda menikmati iPhone,” tutur wakil presiden senior rekayasa perangkat lunak Apple, Craig Federighi, dikutip dari CNNIndonesia. 

Berikut beberapa fitur pada software terbaru tersebut!

Lock Screen Personal

Kini, pengguna dapat melakukan personalisasi lock screen pada iPhone yang telah diperbarui pada iOS 16. Pengguna dapat menampilkan widget seperti kalender, cuaca, tingkat baterai, alarm, zona waktu, hingga aktivitas daring. Adapun pengguna juga dapat menambahkan layar kunci dengan emoji serta kombinasi warna favorit. 

Memilih Konten Pilihan

Saat layar terkunci, pengguna dapat tetap melihat konten yang telah mereka pilih. Sebut saja aplikasi kalender, pesan, serta Safari yang telah dipilih oleh pengguna sebelumnya. 

Mengatur iColud

Dengan iOS 16, pengguna dapat dengan mudah saling berkolaborasi dan berbagi foto lewat iCloud, bahkan secara terpisah. Hal itu dapat dilakukan dengan fitur ‘Pustaka Bersama’ yang memungkinkan enam pengguna untuk saling mengirim, menghapus, mengedit, bahkan memfavoritkan foto dan video yang dibagikan. 

Pembaruan Pesan

Pengguna nantinya dapat mengedit hingga unsend pesan yang baru dikirim dalam 15 menit pertama. Selain itu, akan terdapat SharePlay yang memungkinkan pengguna menonton film dan mendengar lagu yang sama saat mengobrol lewat pesan. 

Fitur Baru Mail

Di iOS 16, pengguna kini dapat menjadwalkan email sebelumnya dan diberi waktu untuk membatalkan pengiriman. Selain itu, Mail kini dapat mendeteksi apabila pengguna lupa menyertakan bagian lampiran pada pesan mereka. 

Live Text 

Dengan pengembangan ini, kini pengguna dapat mengonversi mata uang hingga menerjemahkan teks dengan cepat. Adapun pengguna juga dapat menjeda video kemudian menambahkan teks pada video tersebut dengan cepat.

Visual Look Up

Kini, pengguna dapat mengetuk dan menahan subjek gambar. Setelah itu, gambar tersebut dapat dengan cepat ditempatkan di berbagai aplikasi, misalnya pesan dan notes. Fitur ini juga dapat mengenali berbagai subjek, misalnya burung, serangga, hingga patung

CarPlay

Pada generasi terbaru CarPlay ini, Apple semakin mengintegrasikan perangkat ponsel dengan mobil pengguna. Tak hanya memunculkan konten di layar kendaraan, akan terbentuk integrasi yang lebih mendalam antara kendaraan dengan ponsel pengguna.

Itu dia beberapa pengembangan yang akan hadir di iOS 16. Yang mana favorit lo, Kawula Muda?

Berita Lainnya