Jangan Takut, Ini Cara Mudah untuk Pastikan Akun WhatsApp Tidak Kena Sadap

Kawula Muda, kadang-kadang ngerasa takut gak sih WA-nya disadap?

Logo WhatsApp. (PIXABAY)
Wed, 07 Jul 2021

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan singkat di smartphone yang telah memiliki 2 miliar pengguna seperti yang dilansir OBERLO.

Belakangan ini, aplikasi WhatsApp sering menjadi perbincangan lantaran tak sedikit penggunanya mengalami serangan dari hacker.

Kebijakan dan fitur yang diperbaharui WhatsApp pun secara rutin sebenarnya sudah membuat aplikasi ini terbilang aman. Meskipun begitu, di dunia digital ini, tak ada yang bisa menjamin sepenuhnya bahwa WhatsApp dan aplikasi pesan singkat lainnya aman dari hacker.

Dilansir dari INFOKOMPUTER, berikut ini 5 cara mudah untuk memastikan akun WhatsApp kamu tidak disadap:

1. Periksa pesan-pesan WhatsApp yang masuk

Ini merupakan langkah paling mudah yang bisa kamu lakukan. Periksalah apakah kamu pernah menerima pesan dari orang yang tidak dikenal, atau mengirim pesan-pesan yang mencurigakan.

Ilustrasi end-to-end encryption WhatsApp. (Dok. WHATSAPP)

 

2. Pastikan Contact Information tidak berubah

Cara memastikan agar profil kamu tidak ada yang mengubah, cukup klik tiga titik vertikal di sudut kanan atas tampilan aplikasi, klik "Settings" atau "Pengaturan" dan klik informasi profil. Cara itu bisa kamu lakukan untuk kamu pengguna Android. 

Sedikit berbeda untuk kamu pengguna iOS. Kamu tinggal klik "Settings" atau "Pengaturan" pada kanan bawah tampilan aplikasi. Kemudian, klik foto profil atau nama kamu, dan pastikan informasi tersebut tidak ada yang berubah tanpa sepengetahuan kamu, ya!

3. Periksa notifikasi akses atau pesan tentang perubahan akun WhatsApp

Tak banyak yang mengetahui cara mudah ini untuk memastikan akun aman dari hacker.

Langkah yang harus diikuti adalah dengan klik ikon "Search" dan ketik kata "WhatsApp". Periksalah pesan-pesan yang masuk, yang mengandung kata "WhatsApp".

4. Periksa daftar kontak dan teman

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara memeriksa daftar kontak atau teman baru yang ada di aplikasi.

Klik ikon chat di sebelah kanan aplikasi, dan periksalah daftar kontak yang muncul. Pastikan kamu mengenal seluruh kontak yang ada di daftar tersebut, ya!

5. Periksa aktivitas WhatsApp Web/Desktop

Langkah terakhir yang kamu harus perhatikan adalah memeriksa aktivitas WhatsApp Web/Desktop, karena ini salah satu cara lain untuk login akun WhatsApp di luar perangkat atau smartphone yang kamu miliki.

Caranya juga cukup mudah. Kamu cukup klik "Settings" atau "Pengaturan", lalu klik "WhatsApp Web/Desktop".

Nantinya, jika kamera kamu terbuka untuk memindai QR Code, tandanya akun kamu tidak terhubung oleh perangkat manapun.

Pastikan juga untuk mengaktifkan Two-Step Verification untuk menjaga keamanan akun kamu ya! Caranya dengan klik "Settings" atau "Pengaturan", lalu klik "Account", kemudian klik "Two-Step Verification". 

Tentukan PIN yang mudah kamu ingat tapi sulit ditebak oleh orang lain.

Semoga akun WhatsApp kamu selalu aman sentosa dari penyadap, ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya