Keren! Robot Ini Bisa Berlari Sejauh 5 Kilometer dalam 43 Menit

Wah, keren bener robot yang satu ini nih, Kawula Muda!

Cassie Robot Bipedal (www.robotics247.com)
Fri, 30 Jul 2021

Muncul lagi prestasi untuk studi mesin dan rekayasa robotika yang mengagumkan. Kali ini diperkenalkan oleh Oregon State University melalui robot bipedal bernama Cassie yang berhasil lari dengan jarak 5 kilometer dalam waktu kurang lebih 40 menit. 

Cassie adalah gagasan dari Agility Robotics yang cukup mengesankan karena robot ini dapat berlari sejauh 5 kilometer tanpa ada pengisian daya dan juga ikatan sama sekali. 

Secara biomekanik, berlari termasuk cukup rumit karena untuk menciptakan kemampuan tersebut di robot bipedal dibutuhkan 'penyeimbang dinamis' atau kemampuan untuk menggeser posisi dalam gerakan.

Dilansir dari Engadget, sudah ditemukan solusi untuk membuat penyesuaian yang halus saat bergerak yaitu dengan 'algoritma pembelajaran penguatan yang dalam' untuk menjaga keseimbangan selama berlari dan berjalan. 

Yesh Godse dari OSU Dynamic Robotics Laboratory menjelaskan bahwa 'algoritma pembelajaran penguatan yang mendalam' adalah metode yang kuat untuk membuka keterampilan seperti berlari, melompat, bahkan berjalan naik turun tangga.

Secara keseluruhan, Cassie hanya membutuhkan waktu 43 menit dan 49 detik walaupun sempat mengalami masalah dua kali. Pertama disebabkan oleh komponen komputer yang terlalu panas dan yang kedua disebabkan oleh belokan yang terlalu tajam.

Meski begitu, Agility Robotics yakin bahwa pencapaian baru Cassie ini akan membantu pengembangan robot bipedal yang lebih canggih bahkan mampu digunakan sebagai kurir di masa depan. 


  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya