Mengenal Cara Menggunakan Google Bard, Chat AI Saingan ChatGTP

Lo prefer pake apa, Kawula Muda?

Ilustrasi ChatGPT dan Google Bard (KOLASE PRAMBORS)
Tue, 16 May 2023

Google baru saja memperkenalkan Google Bard, sebuah chatbot yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI). Perilisan Google Bard tersebut pun disebut-sebut untuk bersaing dengan chatbot AI populer ChatGPT, Kawula Muda! 

Perangkat lunak tersebut merupakan hasil pengembangan kecerdasan buatan selama enam tahun terakhir oleh Google. 

Ilustrasi artificial intelligence (UNSPLASH/MARKUS WINKLER)

 

Kini, Google Bard baru dapat memahami Bahasa Inggris. Selama dua bulan terakhir, Google juga telah memberi akses kepada mereka yang ingin mencoba Google Bard. 

Kawula Muda harus terlebih dahulu mendaftar dan masuk ke antrean sebelum dapat mengaksesnya. Namun, pada konferensi pengembang terbaru, eksekutif Google menyebut persyaratan tersebut akan dihapus dalam waktu dekat dan Google Bard akan diperluas ke 180 negara. 

Terdapat perbedaan antara Google Bard dan ChatGPT. Mengutip TechTarget, ChatGPT sebenarnya dirancang untuk menulis kode (coding), menyusun ringkasan transkrip, hingga memberi penjelasan sederhana tentang topik yang kompleks. Pengguna hanya perlu memberi pertanyaan kepada ChatGPT dan perangkat lunak tersebut akan menjawabnya. 

Sementara itu, Google Bard disebut dapat menstimulasikan percakapan antara manusia. Hal itu dilakukan dengan proses bahasa alami dan pembelajaran mesin akan tanggapan dari internet. Hasilnya, Google Bard dapat memberi jawaban yang lebih rinci dari pencarian Google pada umumnya. 

Sumber data keduanya pun berbeda loh, kawula Muda! ChatGPT terus diperbarui seiring dengan pembaruan perangkat sehingga sumber data baru menjadi terbatas. Sementara itu, Google Bard memiliki akses ke informasi terbaru di Google. Karena itu, ia dapat mengumpulkan informasi secara real time. 

Akan tetapi, dalam hal kreativitas, ChatGPT masih lebih unggul. Hal ini pun diakui oleh Google Bard ketika tim reporter menulis pertanyaan ‘apa saja yang berbeda dari Google Bard dan ChatGPT’ di laman resmi chatbot Google Bard. 

Kemudian, ChatGPT sudah tersedia untuk publik dan versi aplikasi ponsel yang mudah diakses. Hal ini berbeda dengan Google Bard yang masih di dalam tahap pengembangan sehingga hanya dapat digunakan secara terbatas.

Untuk lo yang ingin mencoba Google Bard, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan. 

1. Buka tautan resmi Google Bard (https://bard.google.com/)

2. Setujui term and condition yang diberikan oleh Google Bard

3. Masukan pertanyaan di bagian kotak bawah dalam Bahasa Inggris

4. Google Bard akan secara otomatis menjawab pertanyaan yang Kawula Muda ajukan.

Tertarik mencoba chatting dengan Google Bard, Kawula Muda?

Berita Lainnya