9 Platform Kecerdasan Buatan AI untuk Membantu Pekerjaan Selain ChatGPT

Lo sering pake AI gak, Kawula Muda?

Ilustrasi Artificial Intelligence (UNSPLASH/ANDREA DE SANTIS)
Tue, 28 Mar 2023

Artificial Intelligence (AI) telah banyak digunakan dalam berbagai bidang dan sektor, termasuk dalam memudahkan pekerjaan. Kini, ChatGPT merupakan salah satu model AI yang banyak dimanfaatkan oleh manusia, mulai dari menulis artikel, menghasilkan konten, hingga menyusun jawaban. 

Selain ChatGPT, berikut adalah beberapa rekomendasi AI yang dapat membantu lo meningkatkan efisiensi dan produktivitas pekerjaan lo, Kawula Muda! 

1. Answer The Public (riset produk dan konten) 


Contoh hasil analisis AI Answer the Public (ACQUISIO)

 

Answer the Public adalah platform AI yang membantu untuk memahami pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh audiens. Dengan begitu, pengguna dapat menghasilkan konten yang lebih relevan dan menarik, memperoleh ide-ide topik yang baru dan menarik, serta meningkatkan SEO dan optimasi mesin pencari.

2. Steve AI (membuat video)

Ilustrasi Steve (STEVE AI)

  

Steve AI adalah platform AI yang membantu membuat video dengan menuliskan deskripsi video yang diinginkan. Misalnya lo menulis ‘berang-berang’ pada kolom teks, maka Steve AI akan menyuguhkan video berang-berang yang dapat dikembangkan dengan merincikan teks sebelumnya, misalnya ‘animasi berang-berang yang sedang makan di danau’.

3. Synthesia (membuat video dengan latar suara)

Contoh pembuatan video dengan Synthesia (SYNTHESIA)

 

Perbedaan Steve AI dan Synthesia adalah AI yang satu ini mampu membuat video animasi dengan suara otomatis yang terdengar seperti manusia. Lo dapat menulis script maupun mengunggah file audio yang sesuai. Selain itu, tersedia 120 bahasa yang bisa dipilih untuk menunjang video tersebut, Kawula Muda! Dengan Synthesia, lo dapat membuat video presentasi, video penjualan, dan video tutorial dengan lebih mudah dan cepat.

4. Uberduck (membuat suara dari teks)

Logo Uberduck (UBERDUCK)

 

Uberduck adalah platform AI untuk membuat suara berdasarkan tekr atau script yang telah dibuat sebelumnya. Lo juga dapat memilih suara yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari suara pria yang sangat rendah, suara perempuan melengking, hingga suara ala kartun seperti Popeye dan Doraemon. Fitur unik lainnya adalah adanya pembuatan suara dari referensi audio yang telah ada sebelumnya. 

5. Jasper (membuat naskah)

Ilustrasi AI Jasper (DIGITAL SCHOLAR)

 

Jasper adalah platform AI untuk membuat suatu naskah tertulis yang menarik dan sesuai dengan SEO. Adapun Jasper menyediakan jasa pembuatan artikel yang dapat memiliki nilai SEO tinggi, dan menjanjikan kecepatan pembuatan artikel hingga 10 kali lebih cepat. Selain itu, Jasper juga menyebut mampu menulis dalam lebih dari 25 bahasa secara kreatif. 

6. Frase (membuat naskah dengan SEO) 

Frase AI (FRASE)

 

Mirip seperti Jasper, Frase adalah platform AI yang membantu lo menghasilkan konten berkualitas tinggi dengan lebih cepat dan mudah. Dengan Frase, lo dapat menemukan topik yang relevan, menulis konten yang menarik, dan memastikan konten tersebut sesuai dengan SEO.

7. Dalle-E2 (membuat gambar dari teks)

Contoh hasil gambar menggunakan Dalle-E2 (WIKIPEDIA)

 

DALL-E2 adalah platform AI yang memungkinkan lo membuat gambar dengan lebih cepat dan mudah. Dengan DALL-E2, lo dapat memasukkan deskripsi gambar yang diinginkan, dan AI akan menghasilkan gambar yang sesuai dengan deskripsi tersebut.

8. Soundful (membuat musik)

Logo Soundful (SOUNDFUL)

 

Soundful adalah platform AI yang membantu lo membuat video dengan suara latar yang berkualitas tinggi. Dengan Soundful, lo dapat memilih suara latar dari database yang luas, menyesuaikan durasi dan volume, dan menambahkan efek suara untuk menghasilkan video yang lebih menarik.

9. Grammarly (mengecek tata bahasa Inggris)

Ilustrasi penggunaan Grammarly (GOOGLE CHROME)

 

Grammarly adalah platform AI yang membantu lo menulis dengan lebih baik dan lebih tepat dalam bahasa Inggris. Grammarly memeriksa tata bahasa, ejaan, dan penggunaan kata, dan memberikan saran untuk memperbaiki tulisan lo.

Berita Lainnya