Eiichiro Oda Minta Bantuan ChatGPT Teruskan Cerita "One Piece", Kehabisan Ide?

Siapa yang suka One Piece di sini?

Eiichiro Oda, kreator manga One Piece gunakan ChatGPT untuk membuat cerita baru (ONE PIECE WIKI)
Tue, 07 Mar 2023


Penulis manga One Piece, Eiichiro Oda, tidak mau ketinggalan untuk ikut mencoba ChatGPT yang tengah populer, Kawula Muda.

Beberapa bulan ini, melansir Japan Times, Oda diketahui sedang mengalami writer’s block atau tidak memiliki inspirasi untuk menulis. Akibatnya, Oda ikut menggunakan ChatGPT untuk meminta bantuan agar dapat menemukan ide baru.

"Halo. Ini penulisnya. Saya tidak bisa membuat cerita untuk One Piece minggu depan. Apakah Anda akan memikirkan sebuah cerita? Tolong, yang sangat bagus,” katanya dengan ChatGPT, menurut video yang diunggah stafnya di akun Twitter resmi One Piece.

Dalam hitungan detik, ChatGPT memutar cerita di mana para pahlawan bertemu teman baru dan bertarung dengan musuh baru, termasuk "Raja Bayangan".

Sayangnya, Oda merasa kalau cerita yang ditawarkan chatbot ini membosankan, sehingga dirinya meminta untuk dibuatkan kembali.

Dalam percobaan yang kedua, ide ChatGPT akhirnya ‘diterima’ oleh Oda, loh! 

Tertulis bahwa ChatGPT membuat sebuah alur cerita di mana alien bergabung dengan karakter One Piece dan raja bajak laut, yaitu Luffy untuk melawan penyihir dan membangun kembali bintang asalnya yang telah dihancurkan oleh pesawat ruang angkasa jahat.

"Terima kasih. Saya akan menggambar apa adanya,” tulis Oda sebagai tanggapan.

Meski belum diketahui apakah Oda benar-benar akan menggarap cerita tersebut, jawaban Oda dinilai sebagai sebuah kode jika cerita One Piece selanjutnya akan berdasarkan pada alur cerita yang baru.

Para penggemar One Piece akan membuktikan hal tersebut melalui manga yang akan rilis bulan ini.

Menggunakan ChatGPT bukan kali pertama Oda bermain-main dengan artificial intelligence (AI), Kawula Muda. Melansir Anime News Network, pada bulan Desember lalu, Oda menggambar Lucci, salah satu tokoh di One Piece, menggunakan AI. 

Oda bahkan menganggap lucu bahwa proses tersebut dapat mengubah pria yang mengintimidasi menjadi gadis kecil. Oda bahkan membagikan reaksi tidak percaya Luffy dan mengunggahnya sebagai video di saluran YouTube resmi One Piece.

Jadi penasaran ya, gimana cerita kelanjutan One Piece. 

Berita Lainnya