Mengenal Logo Baru Facebook 'Meta' yang Mengandung Banyak Filosofi

Kawula Muda, kira-kira perubahan apa lagi yang akan dibuat Facebook, ya?

Tampak depan kantor Facebook yang telah berganti nama. (Dok. REUTERS)
Fri, 29 Oct 2021

Kawula Muda, perusahaan besutan Mark Zuckerberg akhirnya resmi berganti nama menjadi Meta. Pun logo ikonik "jempol ke atas" telah diganti menjadi lambang tak terhingga dalam matematika berwarna biru. 

Logo terbaru itu pun telah terpampang tepat di Kantor Pusat Facebook di Menlo Park, California, Amerika Serikat. 

Menariknya, logo terbaru dari Meta itu sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari merek-merek layanan yang membawahinya.

Melansir CNNIndonesia, tim di belakang desain logo baru Meta itu mengatakan, "Tidak seperti proses desain merek tradisional, kami merancang simbol ini untuk hidup dalam gerak dan 3D. Ini dirancang untuk bisa merasakan perspektif yang berbeda dan bisa berinteraksi dengannya. Itu bisa menyerupai M untuk Meta dan juga kadang-kadang sebuah tanda tak terhingga yang melambangkan cakrawala tak terbatas di Metaverse."

Facebook sendiri merancang Metaverse sebagai lingkungan yang dinamis. Di mana, selalu ada saja yang dapat bergerak mengelilingi dan melaluinya. Itulah mengapa mereka menggunakan lambang tak terhingga dengan pilihan warna dan gerakan yang memiliki segudang filosofi itu.

"Juga penting bahwa simbol mengambil warna biru gradasi biru dan menunjukkan produk utama kami, menghubungkan masa depan kami dengan asal-usul perusahaan kami," tambahnya.

Sementara itu, melansir The Verge, Zuckerberg ingin menunjukkan—melalui logonya—seberapa besar perusahaan teknologi buatannya itu mencoba melakukan perubahan hingga terbentuknya Meta.

"Saya dulu belajar klasik, dan kata 'meta' berasal dari kata Yunani yang berarti 'melampaui'. Bagi saya, itu melambangkan bahwa selalu ada lebih banyak hal untuk dibangun, dan selalu ada bab selanjutnya dari sebuah cerita," kata Zuckerberg.

Berita Lainnya