Penemuan Dunia Lain Tersembunyi di Bawah Antartika

Ternyata ada dunia lain di Antartika loh Kawula Muda?

Ilustrasi Antartika (The Atlantic)
Sat, 18 Jun 2022

Antartika kerap kali disebut sebagai benua yang tak berpenghuni, wajar saja sebab benua tersebut hanya berisi daratan dan perairan yang hampir semuanya dilapisi oleh es. Cuaca dingin yang ekstrem tentu membuat siapa pun merasa enggan kemari, kecuali beberapa ilmuwan yang memang sedang meneliti benua tersebut.

Baru-baru ini para ilmuwan menemukan sebuah dunia tersembunyi di bawah Antartika. Dunia yang penuh dengan kehidupan. Dunia tersebut berada di bawah permukaan es Antartika, dengan jarak kurang lebih 1.640 kaki (500 meter) ke bawah. 

Setelah melubangi permukaan es, para ilmuwan menjatuhkan sebuah kamera ke dalam lubang. Di dalamnya, mereka menemukan beberapa bintik buram dan kecil berkedip di depan kamera tersebut.

Bintik-bintik tersebut bukan disebabkan oleh peralatan yang rusak. Sebaliknya, mereka menemukan sekawanan Amphipoda kecil (krustasea malacostraca tanpa karapas dengan badan lateral terkompresi yang biasa memakan bangkai hewan laut) bergerak tepat di depan lensa.

Para ilmuwan merasa terkejut dengan temuan ini, mereka tidak menduga akan menemukan jenis kehidupan di bawah permukaan es Antartika yang tebal.

Ilustrasi Antartika (Brightside)

Para peneliti mengatakan bahwa memiliki dunia tersembunyi di bawah es Antartika adalah bukti nyata dari peran ekosistem. Secara keseluruhan, mereka mengatakan penemuan dunia tersembunyi di bawah es Antartika membuat mereka "melompat-lompat kegirangan," seperti dikutip dari CNBC, pada Jumat (17/6/2022).

Penemuan ini seakan memberikan bukti nyata akan adanya ekosistem yang luas di bawah es, penemuan ini sangat di luar dugaan, wajar bila penemuan itu sangat mengejutkan para ilmuwan.

Penemuan ini ditemukan di The Ross Ice Shelf, sebuah tempat dengan lapisan es terbesar di dunia dan telah menjadi fokus dari beberapa proyek penelitian selama bertahun-tahun terakhir. Para ilmuwan mengatakan mereka secara tidak sengaja menemukan struktur yang menampung seluruh ekosistem Amphipoda.

Para ilmuwan juga berharap untuk lebih memahami skenario iklim berbeda yang dapat mengubah Laut Ross. Penemuan ini menjadi pencapaian luar biasa dan semoga akan terus menjelaskan bagian dunia yang dingin dan misterius ini.

Berita Lainnya