Punya Honda Smart Key System? Simak 7 Tips Berikut Untuk Merawatnya!

Wajib simak banget buat Kawula Muda yang punya motor keyless-nya Honda, nih!

Honda Smart Key System pada Honda PCX (TWITTER/WELOVEHONDA)
Wed, 13 Oct 2021

Sebagian motor keluaran Honda telah memiliki sistem keyless (atau tanpa kunci) yang disebut sebagai Honda Smart Key System. Sistem ini pertama kali diterapkan di Indonesia pada motor Honda PCX.

Tak lama kemudian, Honda Smart Key System mulai diterapkan pada motor lainnya, seperti Scoopy, Vario 150, ADV, hingga motor premium dari Honda, seperti Forza, CBR1000RR-R Fireblade, serta Goldwing.

Hadirnya Honda Smart Key System ini juga memberikan fitur-fitur canggih, seperti answer back system dan anti-theft alarm. Hadirnya fitur-fitur ini tentu meningkatkan rasa aman dan nyaman dari pengguna motor Honda.

"Tentunya, pengendara perlu mengetahui cara penggunaan dan perawatan yang tepat untuk dapat menggunakannya secara optimal,” kata Technical Service Division PT AHM Endro Sutarno.

Endro juga membagikan tips untuk merawat Honda Smart Key System agar tetap optimal:

Hindari tekanan berlebihan pada tombol di remote

Jika ingin mengaktifkan fitur yang ada di Honda Smart Key System, tekan tombol remote sewajarnya saat mengaktifkannya. Selain itu, pengguna juga harus menghindari jatuh dari ketinggian agar meminimalisasi kerusakan pada remote.

Usahakan remote tetap kering

Apabila remote terkena air dan basah, ada baiknya jika dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini dikarenakan air yang masuk ke sela-sela remote dapat merusak komponen terkait dan mengakibatkan hubungan arus pendek listrik.

Jangan simpan remote di dalam bagasi motor

Pastikan bahwa remote selalu ada dekat dengan pemilik, bisa diletakkan di dalam tas atau di saku guna mengurangi potensi terjadinya kehilangan remote smart key. Namun, jangan sampai tertinggal di dalam bagasi karena motor bisa dioperasikan oleh orang lain.

Jauhi dari elektromagnet

Untuk mengurangi potensi gangguan sinyal atau frekuensi dari Honda Smart Key System, ada baiknya jika remote dijauhkan dari benda penghasil gelombang radio, seperti TV, laptop, smartphone, hingga pemancar.

Simpan dan rahasiakan ID tag

ID tag berfungsi sebagai alat untuk mengoperasikan sepeda motor dalam kondisi darurat saat semua Honda Smart Key System hilang dan registrasi immobilizer ID saat Smart Control Unit diganti. Oleh karena itu, baiknya jangan diberitahu kepada siapapun dan simpan di tempat yang aman.

Simpan Honda Smart Key System cadangan

Ketika membeli motor Honda dengan Honda Smart Key System, pembeli akan mendapatkan dua remote. Ada baiknya jika ingin berkendara, hanya membawa satu remote dan simpan remote cadangan di tempat yang aman.

Matikan remote saat tidak digunakan

Indikator Honda Smart Key System ada di posisi off atau mati adalah lampu berwarna merah pada remote dan akan menyala saat ditekan. Oleh karena itu, jika remote sudah tidak digunakan, pastikan remote berada di posisi off agar sinyal antara remote dan motor terputus.


Berita Lainnya